ADVERTISEMENT

5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan Menurut Ilmu Pengetahuan

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 23 Des 2020 07:00 WIB
5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan
Foto: Getty Images/iStockphoto/limpido

4. Mengganggu Kualitas Tidur

Seringkali kopi menjadi kambing hitam saat seseorang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Sebuah penelitian pada 2013 mempublikasikan penemuan konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi jumlah jam tidur malam.

Bukan hanya kopi, tetapi berbagai minuman mengandung kafein tampaknya harus dihindari untuk tetap mendapatkan kualitas tidur malam yang baik. Kualitas tidur malam akan sangat memengaruhi kesiapan tubuh pada hari esok.

5. Mengurangi Kesuburan

5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/limpido

Sebuah penelitian menunjukan bahwa meminum sejumlah kopi secara berlebihan dipercaya dapat mencegah konsepsi dan bahkan lebih buruk lagi, meningkatkan kemungkinan keguguran. Tetapi, menurut Gil Weiss, pernyataan ini belum bisa dibuktikan sepenuhnya karena tidak ada metode yang dapat menjelaskan kopi bisa mengurangi kesuburan.

Bagaimana pun, konsumsi kopi terutama bagi mereka yang sedang dalam program mendapatkan keturunan harus dalam batas aman pengawasan dokter. Sebagian besar ahli setuju bahwa konsumsi kurang dari 200 miligram kafein tidak akan berdampak pada kesuburan.

Baca Juga: Ini Efeknya Kalau Minum 4 Cangkir Kopi Tiap hari



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT