5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan Menurut Ilmu Pengetahuan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 23 Des 2020 07:00 WIB
5 Efek Negatif Konsumsi Kopi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/limpido
Jakarta -

Kopi punya manfaat yang dibuktikan secara ilmiah. Namun, ada juga efek negatif konsumsi kopi berlebihan menurut ilmu pengetahuan.

Kopi merupakan minuman tinggi kafein yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi pada pagi hari. Beberapa orang bahkan merasa akan kurang bersemangat jika belum minum kopi.

Beberapa kandungan nutrisi dalam kopi memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Misalnya kafein yang memberikan energi atau flavonoid yang bisa meredakan inflamasi.

Manfaat baik minum kopi ternyata diikuti juga dengan efek berbahaya yang bisa saja ditimbulkan akibat konsumsi kopi. Para ahli juga mengingatkan untuk tetap mewaspadai efek negatif ini yang dapat mengganggu kesehatan.

Berikut ini 5 efek negatif yang ditimbulkan akibat konsumsi kopi menurut ilmu pengetahuan seperti dilansir dari Eat This, Not That! (19/12).

1. Meningkatkan Tekanan Darah

Merujuk pada Harvard Medical School, kafein tidak sepenuhnya menjadi penyebab naiknya tekanan darah.Penelitian kesehatan ini belum terlalu jelas untuk menunjukkan pengaruh kopi pada hipertensi.

Tetapi beberapa penelitian sudah menemukannya. Sebagai contoh, dalam penelitian yang dilakukan selama 2 tahun dengan melibatkan 45.500 laki-laki dengan usia antara 40 hingga 75, Harvard menemukan tidak ada asosiasi antara penyakit kardiovaskular dengan peminum kopi tingkat berat.

Tetapi, pada penelitian tahun 2015, ditemukan indikasi bahwa mereka yang tidak secara rutin meminum kopi bisa mengalami peningkatan jangka pendek pada tekanan sistolik darah.

Baca Juga: Remaja Hobi Minum Kopi, Gimana Efeknya untuk Kesehatan?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com