9 Cara Turunkan Berat Badan yang Didukung Riset Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood Senin, 21 Des 2020 08:00 WIB
diet Foto: shutterstock

7. Meneyimbangkan Bakteri Usus

Salah satu bidang penelitian yang muncul berfokus pada peran bakteri dalam usus pada pengelolaan berat badan. Usus manusia menampung sejumlah besar dan berbagai mikroorganisme sekitar 37 triliun bakteri.

Setiap individu memiliki varietas dan jumlah bakteri yang berbeda dalam usus mereka. Beberapa jenis bakteri dapat meningkatkan jumlah energi yang didapatkan dari makanan, menyebabkan pengendapan lemak dan kenaikan berat badan.

8. Tidur Malam yang Cukup

5 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Berat Badan Cepat Turun9 Cara Turunkan Berat Badan yang Didukung Riset Ilmiah Foto: Getty Images/Jaromila

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa tidur kurang dari 5-6 jam per malam dikaitkan dengan peningkatan insiden obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang tidak mencukupi atau berkualitas buruk memperlambat proses metabolisme.

Ketika metabolisme kurang efektif tubuh dapat menyimpan energi yang tidak digunakan sebagai lemak. Selain itu, tidur yang buruk dapat meningkatkan produksi insulin dan kortisol yang juga mendorong penyimpanan lemak.

9. Mengendalikan Stres

Stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol yang awalnya mengurangi nafsu makan sebagai bagian dari pertarungan atau respons tubuh. Namun, ketika orang mengalami stres, kortisol dapat tetap dalam aliran darah lebih lama yang akan meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan makan lebih banyak.

Kortisol menandakan perlunya mengisi kembali nutrisi tubuh dari sumber karbohidrat. Insulin kemudian mengangkut gula dari karbohidrat dari darah ke otot dan otak yang kemudian membuat tubuh akan menyimpannya sebagai lemak.

Baca Juga: Jika Ingin Berat Badan Cepat Turun, Rajinlah Melahap 7 Makanan Ini

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com