7 Makanan Ini Bantu Kembalikan Fungsi Indera Penciuman dan Perasa

Devi Setya - detikFood Senin, 21 Des 2020 05:00 WIB
Teh jahe bawang putih Foto: iStock

3. Jahe


Maraknya virus corona menjadikan rimpang jahe mendadak populer. Kandungan nutrisi dalam jahe diklaim bisa mengusir virua dan mengobati berbagai masalah kesehatan terkait flu. Influenza, flu burung hingga covid-19 termasuk penyakit yang ampuh diobati dengan rutin mengonsumsi jahe.

Senyawa aktif dalam jahe dapat membantu mengatasi kondisi yang berhubungan dengan hilangnya indra perasa dan penciuman. Cara pengobatan dengan jahe juga terbilang mudah, cukup iris jahe lalu kunyah perlahan. Atau buat teh jahe yang diseduh dengan air hangat, konsumsi setiap pagi hari.

4. Cuka apel

A glass bottle of red apple vinegar. Fresh red apples in the background.7 Makanan Ini Bantu Kembalikan Fungsi Indera Penciuman dan Perasa . Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

Cuka sari apel dikenal dapat mengobati infeksi hidung, hidung tersumbat dan sinus yang dapat menyebabkan hilangnya indera penciuman dan perasa. Ini karena aktivitas anti-inflamasi dan antimikroba dari cuka sari apel.

Rasa cuka apel juga terbilang asam segar sehingga bisa dijadikan obat herbal. Untuk pengobatannya, tambahkan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam segelas air hangat, aduk rata dan minum dua kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

5. Bawang Putih


Sifat antimikroba dari bawang putih dapat membantu melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman. Selain itu, asam risinoleat dalam bawang putih menunjukkan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan karena hidung tersumbat.

Ambil 2-3 siung bawang putih lalu rebus hingga airnya mendidih. Minum hasil rebusan ini dua kali dalam sehari hingga lidah kembali bisa mencecap rasa. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu menyengat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Empuknya Soto Daging Sapi Gebrak di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com