ADVERTISEMENT

7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 19 Des 2020 05:00 WIB
7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan
Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc

3. Respon Negatif Tubuh

Beberapa jenis teh diberi bahan tambahan lain yang dapat mempengaruhi orang yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Alhasil tubuh memberikan respon negatif. Misalnya teh ginseng yang memiliki efek stimulan mirip kafein dan bahkan niasin, vitamin B yang dapat menyebabkan gejala alergi.

4. Menguatkan Tulang

7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan7 Efek Samping Kebanyakan Minum Teh Setiap Hari Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/tetmc

Minum beberapa cangkir teh setiap hari dapat mencegah masalah tulang. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa teh mengandung nutrisi yang dapat merangsang pembentukan sel tulang dan membantu memperlambat kerusakannya, melindungi terhadap osteoporosis, juga kerapuhan tulang. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry para ilmuwan mengungkapkan sel-sel pembentuk tulang yang disebut osteoblasts ditemukan dalam teh hijau dan menemukan bahwa katekin EGC atau epigallocatechin memicu pertumbuhan sel tulang baru hingga 79%.

Dalam Studi Osteoporosis Mediterania, teh hitam diidentifikasi sebagai minuman yang bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul pria. Konsumsi teh dengan rutin dan dosis yang sesuai akan membantu tulang lebih sehat dan kuat.

5. Bikin Gigi Kuning

Secara umum teh adalah minuman sehat, tetapi teh juga terkenal dengan efek sampingnya yang menodai gigi. Sama seperti minuman berwarna lainnya seperti kopi, soda, atau bahkan efek merokok yang bisa menodai gigi.

Asam dan tanin dalam teh dapat membuat gigi berwarna kekuningan jika diminum setiap hari. Maka tetap batasi konsumsi teh dan rajin sikat gigi agar gigi tetap putih dan bersih.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT