Minum Kopi 3 Kali Sehari Bisa Cegah COVID-19, Ini Fakta Sebenarnya

Tim Detikfood - detikFood Kamis, 17 Des 2020 06:36 WIB
Minum Kopi di Pagi Hari Foto: iStock
Jakarta -

Ramai dibahas sebuah unggahan di media sosial tentang khasiat minum kopi untuk cegah Covid-19. Begini fakta kopi yang sebenarnya.

Sebuah unggahan di Facebook dan WhatsApp menyebutkan bahwa kopi dalam dosis tertentu berpotensi mencegah COVID-19dengan cara menghambat virus Corona menempel pada sel kita.

Akun Facebook dengan nama Anwar Maulana pada September lalu menulis di statusnya. Ia mengabarkan bahwaminum kopi tiga kali sehari dapat menangkal COVID-19. Khasiat kopi itu merupakan usulan penelitian dokter asal China, dr.Li Wenliang.

Menurut Anwar, kopi mengandung Methylxanthine, Theobromine, dan Theophylline yang mampu menangkal serangga dan hewan kimia lainnya. Anwar kemudian menyebutkan bahwa itu semua solusi untuk mencegah virus Corona.

Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 FaktanyaMinum Kopi 3 Kali Sehari Bisa Cegah COVID-19, Ini Faktanya Foto: iStock

Sementara itu, di WhatsApp beredar pesan yang sama. Namun, pesannya lebih panjang supaya terkesan tidak mengada-ada. Berikut isi pesannya:

"Breaking News dari CNN."
"Minum Kopi 3x Sehari untuk menangkal COVID-19 Dr. Li Wenliang, dokter pahlawan China yang dihukum karena mengatakan yang sebenarnya tentang Virus Corona dan kemudian meninggal karena penyakit yang sama, telah mendokumentasikan file kasus untuk tujuan penelitian dan dalam file kasus tersebut mengusulkan penyembuhan yang secara signifikan akan mengurangi dampak COVID- 19. Virus pada tubuh manusia."
"Bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline merangsang senyawa yang dapat menangkal virus ini pada manusia dengan sistem kekebalan minimal rata-rata. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa kata-kata rumit yang sangat sulit dipahami oleh orang-orang di China ini sebenarnya disebut KOPI di India, YA, KOPI reguler kami memiliki semua bahan kimia ini di dalamnya."

"Methylxanthine utama dalam COFFEE adalah kafein stimulan. Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, Theobromine dan Theophylline. Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya."

Lalu bagaimana fakta soal kandungan kopi tersebut dengan virus Corona? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com