Makan Apel Bisa Mencegah Kanker Prostat? Ini Fakta Nutrisinya

Devi Setya - detikFood Selasa, 15 Des 2020 12:00 WIB
Close-up Of A Mans Hand On His Crotch Foto: iStock
Jakarta -

Kanker prostat termasuk penyakit yang paling dikhawatirkan para pria. Makan apel secara rutin bisa mencegah resiko kanker prostat, benarkah?

Kanker prostat tercatat sebagai penyebab utama kedua kematian pada pria. Konsumsi makanan sehat dan menjalani gaya hidup sehat bisa jadi cara ampuh untuk mencegah hadirnya resiko kanker, termasuk kanker prostat.

Dilansir dari BoldSky (14/12) apel disebut-sebut sebagai buah yang ampuh memerangi gejala hadirnya kanker prostat. Buah dengan rasa manis ini secara alami mengandung nutrisi yang menekan resiko hadir dan berkembangnya sel kanker.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 600 orang, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi satu atau lebih apel berukuran sedang memiliki resiko lebih rendah terkena kanker prostat. Kanker prostat sendiri menyerang kelenjar kecil yang menghasilkan sperma pada sistem reproduksi pria.

Berikut penjelasan dan hubungan soal konsumsi apel dan resiko kanker prostat.

1. Kandungan nutrisi buah apel

racun pada buah dan sayurMakan Apel Bisa Mencegah Kanker Prostat? Ini Fakta Nutrisinya Foto: thinkstock

Dalam 100 gram apel mengandung 85,56 gr air dan 52 kkal energi. Selain itu, apel segar juga mengandung 2,4 gram serat, 6 mg kalsium, 0,12 mg zat besi, 5 mg magnesium, 107 mg kalium, 11 mg fosfor, 4,6 mg vitamin C dan vitamin K.

Semua nutrisi ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu mencegah risiko kanker prostat. Polifenol dan asam fenolik dalam apel menjadi sumber nutrisi utama yang memiliki sifat anti-kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kue Kering Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com