Terjawab! 5 Pertanyaan Seputar Keamanan Makanan di Tengah Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 11 Des 2020 12:30 WIB
Tips cuci buah dan sayur Foto: iStock
Jakarta -

Pandemi Covid-19 belum sirna. Berbagai upaya pencegahan masih tetap harus dilakukan. Terkait keamanan makanan, berikut jawaban dari 5 pertanyaan yang sering muncul.

Di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan 3M harus ditegakkan. Ketiganya adalah memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak menghindari kerumunan.

Dengan upaya tersebut, seseorang bisa terhindar dari penularan virus Corona. Tentu saja semuanya harus ditegakkan secara konsisten. Lalu hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah seputar keamanan pangan.

Ada banyak pertanyaan yang muncul terkait makanan dan Covid-19. Misalnya saja pertanyaan mengenai apakah aman memesan makanan dari luar? Bagaimana jika makan di restoran?

Lalu ada juga pertanyaan soal apakah Covid-19 bisa menular lewat makanan atau kemasan makanan? Pertanyaan-pertanyaan ini tentu saja membuat banyak orang khawatir, terutama untuk mereka yang belum paham sepenuhnya soal keamanan pangan.

Eat This Not That (10/12) merangkum pertanyaan seputar keamanan pangan di tengah Covid-19 yang sering muncul. Seperti ini pertanyaan dan jawabannya:

1. Bolehkah undang teman makan di rumah?

Terjawab! 5 Pertanyaan Seputar Keamanan Makanan di Tengah Covid-19Terjawab! 5 Pertanyaan Seputar Keamanan Makanan di Tengah Covid-19 Foto: Shutterstock

Bertemu dengan banyak orang, termasuk teman atau keluarga, disarankan untuk tidak dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Tujuannya tentu saja untuk mencegah penularan penyakit.

Virus Corona akan mudah menular dari satu orang ke orang lain yang memiliki kontak dekat. Virus Corona ditransmisikan lewat droplet pernapasan via mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui batuk atau bersin.

Karenanya tidak disarankan mengundang teman, apalagi dalam jumlah banyak, untuk makan di rumah. Kita tidak bisa mengetahui jelas apakah dia terinfeksi virus Corona atau tidak. Lalu jika positif, bisa berpotensi besar menularkan pada kita dan orang-orang lain yang negatif Covid-19 saat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com