Makan Sebelum Olahraga atau Sesudah, Mana Lebih Efektif?

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 10 Des 2020 07:00 WIB
Kesalahan Hidrasi Tubuh Foto: iStock

2. Setelah Olahraga

Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club.Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Foto: iStock

Hasil penelitian lain menunjukan sisi yang berlawanan. Olahraga yang dilakukan dengan kondisi perut yang masih kosong dikatakan dapat membakar lemak lebih banyak karena akan membakar cadangan lemak yang ada pada tubuh.

Pembakaran cadangan lemak tidak hanya berarti menurunkan berat badan, tetapi juga dapat mengoptimalkan bahan bakar yang dimiliki tubuh. Misalnya pada peserta lari jarak jauh, makan setelah olahraga akan memperlambat rasa lelah. Olahraga sebelum makan juga bisa memberikan manfaat pada kesehatan terutama menaikkan kadar gula darah dan regulasi hormon.

Manfaat konsumsi karbohidrat setelah berolahraga dapat mengembalikan glikogen pada otot. Tak hanya terkait pada kemampuan saat olahraga, asupan karbohidrat akan dengan cepat memulihkan otot sehingga kinerja otot akan kembali efektif dengan cepat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan segera setelah olahraga dapat membantu memaksimalkan pemulihan. Asupan karbohidrat yang dikonsumsi selama fase pemulihan dalam 2 hingga 6 jam dapat menentukan kesiapan tubuh untuk berolahraga lagi dalam waktu 8 jam setelahnya.

Tetapi ada juga sejumlah bukti yang menunjukkan pentingnya asupan protein selama pemulihan dari olahraga. Baik untuk memaksimalkan pertumbuhan otot, dan mendukung pengisian glikogen. Penelitian juga menunjukkan bahwa jika olahraga dilakukan sebelum makan, maka mengonsumsi makanan protein sebelum tidur juga dapat membantu pemulihan yang mengarah ke pertumbuhan otot.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Uji Nyali Dengan Mencoba Olah Raga Paramotor, Lampung"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com