Makan Sebelum Olahraga atau Sesudah, Mana Lebih Efektif?

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 10 Des 2020 07:00 WIB
Kesalahan Hidrasi Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang masih bingung soal lebih baik makan sebelum olahraga atau sesudah? Ternyata jawabannya tergantung tujuan olahragamu!

Asupan nutrisi sangat penting untuk mendukung hasil olahraga yang efektif. Nutrisi berperan mulai dari membantu kinerja tubuh saat berolahraga hingga pemulihan energi setelah berolahraga.

Namun waktu yang tepat untuk makan sering kali membingungkan. Salah-salah, hasil olahraga yang telah dilakukan tidak akan efektif dan hanya meninggalkan rasa lelah.

Untuk mempertimbangkan waktu makan yang tepat dan menunjang efektivitas hasil olahraga, kamu harus memperhatikan jenis olahraga yang dipilih dan hasil yang diinginkan.

Kebutuhan nutrisi dan tingkat kemampuan saat berolahraga perlu jadi pertimbangan. Untuk diingat, kebutuhan nutrisi orang biasa dengan atlet pun tentu sangat berbeda.

Melalui laman Independent.co.uk (24/11), pakar kesehatan Justin Roberts memberikan tips seputar makan sebelum olahraga atau sesudah?

Ternyata masing-masing punya efek dan bisa disesuaikan dengan tujuanmu. Berikut informasinya:

1. Sebelum Olahraga

7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cepat dan Ampuh!makan Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Saat berolahraga, tubuh memerlukan energi yang cukup banyak. Energi ini dihasilkan lewat makanan yang dikonsumsi dan disimpan tubuh seseorang. Seperti karbohidrat pada liver dan otot atau energi lainnya yang dihasilkan dari cadangan lemak.

Baca Juga: Sebelum Olahraga, Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Penelitian menunjukkan bahwa karbohidrat sangat penting untuk memenuhi simpanan glikogen yang akan terpakai saat olahraga dalam waktu lama atau ketika melakukan olahraga yang cukup berat.

Maka untuk memulai olahraga yang seperti itu, ada baiknya mengonsumsi karbohidrat. Mengonsumsi nasi, pasta atau mie pada 3 sampai 4 jam sebelum olahraga akan membantu membentuk energi yang cukup untuk olahraga.

Bukti lain mengungkap jenis karbohidrat dapat membantu meningkatkan metabolisme saat berolahraga. Makanan dengan glikemik rendah dapat memberikan energi yang lebih banyak dan bermanfaat selama kegiatan olahraga.

Selain memberikan energi yang diperlukan tubuh, makan sebelum olahraga ternyata juga memiliki efek yang buruk. Mengonsumsi makanan sebelum melakukan olahraga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kram perut atau mual.

Disarankan sebelum olahraga untuk memilih makanan-makanan yang mudah dicerna sekitar tiga jam sebelum memulai olahraga. Misalnya konsumsi bubur dan makanan lunak lainnya untuk tetap mempertahankan energi selama dan meningkatkan kualitas pelatihan olahraga.

Jika tujuan yang ingin dicapai dari olahraga untuk membentuk kekuatan dan otot, makanan lain yang sebaiknya dikonsumsi sebelum olahraga adalah sumber protein.

Protein dapat meningkatkan respon pemulihan secara keseluruhan untuk tubuh. Asam amino esensial dari protein akan membantu pemulihan dan membantu menyiapkan energi untuk olahraga yang intensif.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Uji Nyali Dengan Mencoba Olah Raga Paramotor, Lampung"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com