7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tak Hanya Soal Cukup Minum Air

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 10 Des 2020 06:00 WIB
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Foto: iStock

3. Kurang Konsumsi Garam

Kesalahan Hidrasi TubuhKesalahan Hidrasi Tubuh Foto: iStock

Diet tinggi garam atau natrium dapat membuat tubuh dehidrasi karena natrium bersifat menarik dan menahan air. Namun, di sisi lain natrium juga punya peran untuk mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh.

Natrium secara alami dapat berkurang dari tubuh saat berkeringat. Konsumsi garam dan minum air yang cukup pun perlu dilakukan untuk mengganti natrium dan air yang hilang saat berkeringat tadi.

4. Minum 8 Gelas Sehari

Prinsip minum 8 gelas air sehari untuk menghidrasi tubuh begitu populer. Ternyata 8 gelas air dalam sehari masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada faktor gaya hidup seseorang. Misalnya keaktifan tubuh secara fisik, asupan makanan, lokasi tempat tinggal, aktivitas harian, dan banyak lagi. Untuk menghitung jumlah air yang dibutuhkan tubuh setiap hari bisa dengan cara menghitung 0,033 dikali berat badan dalam satuan kilogram.

5. Minum Air Setelah Bangun Tidur Pagi

Kesalahan Hidrasi TubuhKesalahan Hidrasi Tubuh Foto: iStock

Tubuh kehilangan cairan saat tidur. Buktinya kamu akan merasa haus ketika bangun tidur. Biasanya segelas air pun langsung ditenggak usai bangun tidur.

Praktik minum seperti ini dengan kondisi perut kosong ternyata bukan cara paling efektif untuk menghidrasi tubuh setelah bangun tidur. Tubuh akan lebih mudah menyerap dan mempertahankan air jika cairan yang masuk pertama kali adalah cairan yang mengandung cukup nutrisi. Misalnya dengan minum jus jeruk pada pagi hari dibanding air mineral biasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Es Krim Gabus Pelangi "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com