Air Seni Berbau Kopi Usai Minum Kopi, Apa Sih Artinya?

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 10 Des 2020 05:00 WIB
Arti Air Seni Berbau Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Setelah minum kopi, terkadang aroma air seni (urine) kita jadi ikut bau kopi. Apa ya artinya untuk kesehatan tubuh kita? Apakah berbahaya? Ini penjelasannnya.

Melalui air seni (urine) seseorang, kita bisa mengetahui masalah kesehatan orang tersebut. Hal ini didasari dari penilaian warna air seni yang bisa dilihat pakai mata telanjang hingga aromanya.

Setelah mengonsumsi kopi, terkadang air seni kita jadi ikut berbau kopi. Ternyata hal ini karena kita mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak, seperti dilansir Medical News Today (13/4).

Arti Air Seni Berbau KopiArti Air Seni Berbau Kopi Foto: iStock

Pasalnya kopi mengandung lebih dari 1.000 senyawa kimia yang berkontribusi pada rasa, bau, dan tampilannya. Zat antioksidan pada kopi yaitu polifenol adalah bahan utama yang bertanggung jawab atas aroma kopi tersebut.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Musim Corona

Polifenol yang terserap oleh sistem saluran pencernaan lalu dicerna dan kemudian keluar melalui urin. Jadi, itulah alasan mengapa air seni kita bisa berbau kopi. Karena polifenol yang dikonsumsi cukup tinggi.

Kopi juga mengandung kafein yang tinggi. Kafein ini akan meningkatkan frekuensi kita dalam buang air kecil. Karenanya dapat memicu dehidrasi lebih tinggi lagi.

Ketika seseorang dehidrasi, maka warna air seni jauh lebih pekat. Sehingga air seni yang kita keluarkan kandungan airnya jauh lebih sedikit, bahkan lebih banyak produk limbah (kopi) dari biasanya.

Arti Air Seni Berbau KopiArti Air Seni Berbau Kopi Foto: iStock

Kalau kamu merasa air seni jadi berbau kopi, ini juga merupakan sebuah tanda kecanduan kopi. Bisa saja kamu juga merasakan gejala mual, insomnia kronis, sakit kepala, nyeri dada, jantung berdebar-debar, hingga halusinasi.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa lakukan dengan mengurangi konsumsi kafein (kopi). Jika kamu terbiasa mengonsumsi 4 cup kopi per hari, maka sebaiknya dikurangi. Bisa juga dengan mengganti kopi dengan air mineral.

Arti Air Seni Berbau KopiArti Air Seni Berbau Kopi Foto: iStock

Selain minum kopi, kalau kamu menyantap beberapa makanan berikut juga bisa menyebabkan aroma air seni berubah. Seperti mengosumsi asparagus, bawang putih, kangkung, salmon, alkohol, hingga makanan pedas.

Baca Juga: 5 Penelitian Tentang Manfaat Sehat Minum Kopi Untuk Tubuh



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com