5 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Karbohidrat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 09 Des 2020 07:00 WIB
Young Woman Eating Unhealthy Food. Sweetness Indulging and Fattening Concept. Girl Biting Chocolate Cake, High-calorie Sweet Food, Increased Glucose Diabetes. Sweet food addiction. Foto: Getty Images/PixelsEffect
Jakarta -

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Tetapi kelebihan asupan karbohidrat dapat menyebabkan efek buruk bagi tubuh.

Karbohidrat kompleks seperti oatmeal, biji-bijian utuh dan kentang menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh dan menghindari kemungkinan makan berlebihan. Banyak karbohidrat kompleks yang juga sumber serat hebat dan nutrisi yang membantu penurunan berat badan. Memberi rasa kenyang dan menyehatkan usus.

"Karbohidrat kompleks butuh lebih banyak energi dan waktu untuk dipecah menjadi gula oleh tubuh. Karbohidrat adalah sumber asupan pilihan tubuh karena dibutuhkan sedikit usaha untuk dikonversi ke energi dibandingkan dengan protein atau lemak," kata Juliana Dewsnap, ahli diet.

Orang dewasa setidaknya harus memenuhi 45 hingga 65 persen dari asupan karbohidrat harian menurut pedoman diet 2015-2020. Dewsnap mengatakan lebih baik untuk fokus kualitas karbohidrat daripada jumlah karbohidrat. Kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan sejumlah gejala yang tidak nyaman.

Saat kelebihan karbohidrat tubuh akan memberikan tanda-tanda yang sesegera mungkin harus cepat diatasi. Berikut ini 5 tanda utama yang diberikan tubuh ketika kelebihan karbohidrat menurut Livestrong (2/12):

Baca Juga: 12 Sumber Karbohidrat Tinggi yang Menyehatkan

1. Merasa Kembung

Close-up Of A Woman Suffering From Stomach PainClose-up Of A Woman Suffering From Stomach Pain Foto: iStock

Gula dari karbohidrat dapat memengaruhi bakteri baik di usus dan membuat sistem pencernaan menjadi lamban yang kemudian menimbulkan kembung. Selain itu, beberapa bakteri yang terdapat dalam serat yang difermentasikan, pati dan gula dapat menghasilkan gas pada tubuh.

"Jenis karbohidrat olahan menciptakan efek osmotik karena jumlah natrium yang tinggi dan menyerap air dari usus. Ini dapat mengakibatkan kembung, sembelit perut bergas gas dan rasa tidak nyaman," kata Dewsnap.

2. Berat Badan Bertambah

Cute and beauty young woman losing weight.Cute and beauty young woman losing weight. Foto: iStock

Makan apapun terlalu banyak cenderung berkontribusi pada kenaikan berat badan. khususnya, makan karbohidrat berlebih dapat menyebabkan kelebihan kalori karena makanan yang kaya karbohidrat sering mengandung banyak lemak.

Menyampurkan karbohidrat dengan bahan makanan lain sering menjadi masalah dalam diet sehat. Banyak orang menggabungkan kentang dengan makanan mengandung lemak. Ayoob, profesor klinis dan ahli diet, menyarankan agar menggabungkan karbohidrat kompleks dengan makanan yang lebih sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tingkatkan Imun Tubuh, Bikin Infused Water Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com