7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 06 Des 2020 08:00 WIB
Adult running women exercise outdoor. She is exhausted after hard training, portrait Foto: Getty Images/svetikd
Jakarta -

Setelah olahraga, ada baiknya mengonsumsi makanan yang tepat. 7 makanan ini baik dikonsumsi setelah olahraga karena mampu pulihkan energi.

Olahraga akan membakar kalori yang ada pada tubuh dan memungkinkan beberapa nutrisi tubuh juga ikut hilang. Beberapa makanan bisa jadi asupan untuk kembalikan nutrisi tubuh setelah berolahraga.

Saat berolahraga tubuh akan membakar kalori sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Semakin berat suatu olahraga maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Proses pembakaran kalori pada tubuh saat olahraga bisa saja menghilangkan beberapa nutrisi yang ada pada tubuh. Penting untuk mengembalikan nutrisi yang hilang dari tubuh saat olahraga untuk mengembalikan kekuatan tubuh.

Olahraga yang baik bukanlah olahraga yang membakar habis seluruh kalori bahkan hingga mengurangi nutrisi tubuh. Olahraga yang baik adalah olahraga yang membakar secukupnya kalori dengan tetap menjaga kebutuhan nutrisi tubuh agar tidak berkurang.

Makan saat setelah berolahraga menjadi cara untuk menggantikan nutrisi tubuh yang ikut hilang bersama kalori yang terbakar saat olahraga.

Berikut ini 7 makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga, seperti dilansir dari Byrdie (9/11):

1. Susu Coklat

Susu cokelatSusu cokelat Foto: iStock

Susu coklat jadi pemulih energi usai olahraga yang cukup efektif. Susu coklat dapat memenuhi rasio ideal karbohidrat terhadap protein dengan perbandingan 1:3.

"Susu coklat mengandung jumlah karbohidrat dan protein yang seimbang dan bagi mereka yang menikmati dan itu bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mulai mengisi nutrisi setelah berolahraga," kata Feller, ahli nutrisi dan diet sehat.

2. Minum Banyak Air

Air mungkin bukan makanan tetapi menghidrasi tubuh setelah berolahraga juga bagian penting untuk memulihkan tubuh. Saat berkeringat tubuh akan mengeluarkan dan kehilangan banyak kandungan air.

Baca Juga: Sebelum Olahraga, Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Mengembalikan asupan air pada tubuh juga bisa dengan mengonsumsi makanan kaya air seperti semangka, seledri, dan jeruk. Air kelapa juga merupakan pilihan yang bagus karena tinggi elektrolit dan baik untuk gantikan elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh saat berolahraga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Mie Godhog Jawa yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com