Mau Tubuh Langsing? Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum dan Seusai Olahraga

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 17 Jun 2016 12:06 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Menggabungkan diet sehat dengan olahraga jadi pilihan banyak orang. Agar semakin optimal, perhatikan asupan makanan sebelum dan setelah olahraga.

Russell Bateman, pelatih dan pencipta 'Skinny Bitch Collective', program latihan yang diikuti oleh model dan selebriti seperti Ellie Goulding dan Suki Waterhouse memberikan beberapa saran. Makanan terbaik yang bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga.

Berikut ini 5 makanan yang bisa membantu penurunan berat badan dengan cepat yang dilansir dari Independent (16/06).

1. Sebelum latihan: kacang-kacangan
"Kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari lemak sehat," tutur Bateman. Karena kacang-kacangan membantu menjaga kadar gula darah tubuh agar tetap stabil untuk jangka waktu yang panjang.

Sebelum Anda berolahraga, pelatih merekomendasikan untuk ngemil segenggam almond atau kacang macadamia dengan secangkir espresso organik. Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat dan dapat meningkatkan kinerja atletik.

2. Sebelum latihan: telur
Banyak pelaku diet hanya menggunakan putih telur ketika mereka sedang memasak telur karena kuning telur mengandung tinggi lemak. Akan tetapi Bateman justru menyarankan makan telur utuh sebelum latihan.

Menurutnya, telur utuh mengandung banyak nutrisi yang penting seperti vitamin D yang dapat membantu jaga berat badan.

3. Setelah latihan: whey protein
Banyak orang mungkin mengasosiasikan suplemen protein dengan berat badan, tapi Bateman mengatakan protein whey dapat membantu memperbaiki tubuh Anda setelah latihan yang melelahkan.

"Protein whey idealnya dikonsumsi setelah latihan karena dapat dicerna dengan cepat," jelasnya.

Whey juga mendukung sintesis protein dan perbaikan jaringan. Ini juga baik untuk mendapatkan tubuh yang lebih berotot.

4. Setelah latihan: salmon
Salmon adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi setelah latihan agar tetap ramping dan sehat. Apakah Anda makan dengan cara dikukus atau dipanggang, ikan ini merupakan sumber yang kaya protein dan asam lemak omega 3 yang membantu melindungi membran sel tubuh dan meningkatkan sistem imunitas.

5. Setelah latihan: sayuran hijau
Selain salmon, Anda juga dapat konsumsi sayuran hijau seperti selada, brokoli dan bayam. "Sayuran berdaun hijau mengandung rendah kalori dan bisa jadi sumber gizi yang baik dari makanan," jelas Bateman.

Sayuran hijau juga tinggi akan mineral, serat dan dikemas dengan enzim yang dapat membantu hilangkan lemak dalam tubuh. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com