Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 01 Des 2020 11:30 WIB
Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti Foto: iStock
Jakarta -

Di balik rasanya yang menyegarkan, mangga punya banyak manfaat sehat. Terbaru, peneliti menemukan kaitannya dengan pengurangan kerutan di wajah wanita.

University of California melakukan penelitian soal konsumsi mangga pada 28 wanita dewasa. Hasil penelitian menunjukan konsumsi mangga bisa hilangkan kerutan.

Mangga merupakan buah tropis murah dan mudah didapat di Indonesia dan beberapa negara Asia lain. Rasanya yang manis segar membuat mangga digemari, salah satunya sebagai pilihan camilan sehat.

Mangga ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat menjaga keremajaan kulit dan mengurangi kerutan-kerutan di wajah wanita.

Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata PenelitiMakan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti Foto: iStock

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 100 gram mangga mengandung potasium, vitamin A, B-6, C, magnesium, kalsium, zat besi dan banyak kandungan lainnya. Kandungan-kandungan tersebut memiliki peran untuk menjaga dan merawat kulit.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nutrients mengungkapkan bagaimana manfaat mangga pada kulit.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California ini menemukan bahwa mangga mampu mengurangi kerutan di wajah wanita, terutama pada wanita dewasa yang telah mengalami menopause.

Peneliti meminta wanita menopause sebagai partisipan. Mereka mengonsumsi sekitar 83 gram mangga Ataulfo 4 kali seminggu. Hasilnya, kerutan-kerutan di wajah yang sifatnya mendalam, berkurang 23 persen dalam dua bulan. Jumlah ini bahkan mencapai 20 persen setelah 4 bulan.

Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata PenelitiMakan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti Foto: iStock

Baca Juga: Apakah Mangga Bagus untuk Diet? Apa Saja Manfaatnya

Dilansir dari Times of India (22/11), Vivie Fam selaku mahasiswa doktoral departemen nutrisi dari University of California mengatakan konsumsi mangga memberikan peningkatan signifikan untuk kerutan wajah. Namun temuan ini dianggap dirinya sangat spesifik dan memiliki keterbatasan.

"Wanita yang mengonsumsi satu setengah cup mangga pada periode waktu yang sama menunjukan hasil penambahan kerutan. Ini menunjukan bahwa mangga memang baik untuk kulit tetapi jika terlalu banyak juga tidak baik," jelas Fam.

Para peneliti mengatakan bahwa masih belum ada kejelasan soal kaitan mengonsumsi mangga berlebihan dengan penambahan kerutan. Namun mereka menduga hal ini terkait kandungan gula yang cukup tinggi pada mangga.

Penelitian tersebut melibatkan 28 wanita usia dewasa untuk melihat perbandingan efek konsumsi mangga. "Sistem yang digunakan untuk menganalisa kerutan tidak hanya untuk melihat bentuk kerutan tetapi juga menghitung dan menilai kerutan," ungkap Robert Hackman, profesor departemen nutrisi yang terlibat dalam penelitian.

mangga indiamangga india Foto: istimewa

Pada penelitian ini, subjek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok. Pertama, yang mengonsumsi setengah cup mangga sebanyak 4 kali dalam seminggu selama 4 bulan dan kedua, kelompok yang mengonsumsi satu setengah cup dalam rentang waktu yang sama.

"Hasilnya cukup ekstrim, kami dapat melihat penampakan kerutan secara kasat mata," perjelas Hackman.

Penelitian ini melihat kondisi kerutan yang dihasilkan berdasarkan panjangnya, lebarnya, kehalusannya, kedalamannya, serta kemunculannya. Hasilnya menunjukkan bahwa pada kelompok yang yang mengonsumsi setengah cup mengalami perkembangan yang baik pada semua kategori.

Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari mekanisme di balik reduksi kerutan ini. Mungkin hal tersebut merupakan efek dari manfaat karotenoid dan fitonutrien lain yang dapat membentuk kolagen.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan, Bisa Cegah Sembelit!



Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com