Apakah Mangga Bagus untuk Diet? Apa Saja Manfaatnya

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 10 Nov 2020 15:00 WIB
mangga india Foto: istimewa
Jakarta -

Mengonsumsi buah-buahan dinilai sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu buah yang sedang musim saat ini adalah mangga. Tak hanya mudah didapat harganya juga lebih terjangkau. Namun apakah mangga bagus untuk diet?

Mangga adalah tanaman asli yang berasal dari Asia Selatan, lalu menyebar ke negara Asia lain termasuk Indonesia, China, India dan Thailand. Buah mangga yang sudah matang memiliki rasa yang manis ini enak dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun diolah menjadi smoothies dan sorbet.

Di Indonesia jenis buah mangga sangat beragam. Ada mangga manalagi, mangga madu, mangga arumanis, mangga alpukat hingga mangga golek.

Apakah mangga bagus untuk diet?

Banyak orang yang menghindari mangga karena mengira buah ini dapat meningkatkan berat badan. Dikutip dalam NDTV (17/04) menurut ahli gizi Jasleen Kaur, "Mangga bebas lemak, bebas kolesterol dan garam. Buah ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh."

Akan tetapi bukan berarti seseorang makan mangga untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

"Kelebihan apapun membuat berat badan bertambah. Serupa halnya dengan mangga, jika Anda makan di atas batas kalori, tentu berat badan akan bertambah," jelas Jasleen.

Sehingga kesalahpahaman seputar mangga yang membuat berat badan bertambah mungkin tidak benar. Mempertahankan kontrol porsi adalah kuncinya.

Faktanya, mangga bisa membantu menurunkan berat badan jika dimakan dalam batas kalori yang ditentukan. Menurut Jasleen, mangga mengandung vitamin C dan vitamin A, zat besi dan potasium yang bagus untuk tubuh.

Buah mangga dapat memberikan energi dan memberikan aliran gula ke tubuh Anda membuat tubuh tetap energik dan aktif sepanjang hari.

Mangga berukuran sedang yang memiliki berat sekitar 200 gram mengandung kalori sekitar 150 Kkal dengan jumlah karbohidrat dan protein yang sangat sedikit dengan lemak yang bisa diabaikan.

"Saya menyarankan Anda makan mangga 30 menit sebelum sesi latihan sehingga Anda merasa benar-benar energik ketika melakukannya," kata Jasleen.

mangga indiamangga india Foto: istimewa

Berikut ini beberapa hal tentang mangga terkait manfaat hingga kalorinya:

1. Manfaat mangga

Dilansir dalam WebMD, vitamin, mineral dan antioksidan dalam mangga dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Misalnya vitamin K membantu pembekuan darah secara efektif dan membantu cegah anemia. Ini juga memainkan peran penting dalam membantu memperkuat tulang Anda.

Buah mangga juga kaya akan vitamin C yang penting untuk membentuk pembuluh darah dan kolagen yang sehat serta membantu penyembuhan.

2. Menurunkan risiko kanker

Buah mangga kaya akan beta-karoten yang bertanggung jawab atas adanya warna kuning - oranye. Beta-karoten adalah antioksidan dalam mangga yang telah terbukti melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berpotensi menyebabkan kanker.

3. Kesehatan jantung

Mangga juga bermanfaat untuk mendukung sistem kardiovaskular. Mereka merupakan sumber magnesium dan kalium. Keduanya terhubung untuk menurunkan tekanan darah dan denyut nadi teratur.

Selain itu mangga adalah sumber senyawa yang dikenal sebagai mangiferin. Menurut penelitian itu dapat mengurangi peradangan jantung.

4. Kesehatan pencernaan

Mangga dapat membantu menstabilkan sistem pencernaan Anda. Mereka menawarkan senyawa amilase dan serat makanan yang dapat membantu menghindari sembelit. Senyawa amilase ini dapat membantu melarutkan makanan lain dan memecah pati. Sementara itu, serat pada mangga bisa lebih efektif untuk meredakan sembelit dibandingkan suplemen serat sejenis.

5. Nutrisi

Mangga kaya akan folat yang digunakan untuk pembelahan sel yang sehat dan duplikasi DNA. Dokter menganjurkan agar orang yang hamil mengonsumsi setidaknya 400 mcg folat setiap hari karena sangat penting untuk menghindari cacat lahir.

Dengan begitu mangga tidak hanya bagus untuk diet tetapi juga untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh.







Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)