Selai Kacang untuk Diet, Benarkah Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 29 Nov 2020 05:00 WIB
Selai kacang Foto: iStock
Jakarta -

Benarkah selai kacang untuk diet bisa menurunkan berat badan? Selai kacang adalah sumber protein dan serat yang cukup tinggi.

Diet penurunan berat badan dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan kalori terbatas. Nah, biasanya kita mengetahui selai kacang dikonsumsi untuk menambah berat badan karena tinggi kalori dan mengandung lemak.

Tapi tahukah Anda, rupanya selai kacang itu bisa membantu menurunkan berat badan juga? Banyak yang tidak menyadari bahwa selai kacang bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan Anda.

Selai kacang jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan dengan metode yang tepat ternyata dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain mengandung protein, selai kacang juga memiliki kandungan vitamin B, zat besi, asam folat dan serat. Hal ini tinggi lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung.

Dalam 100 gram selai kacang mengandung kalori sebesar 96 kkal, 3,6 gram protein, 8,2 gram lemak, 0,8 gram serat dan 3,6 gram karbohidrat.

Selai kacang yang mengandung protein juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan menyebabkan hilangnya lemak. Hal ini juga dapat mengurangi nafsu makan dan membantu Anda mengonsumsi kalori dalam jumlah terbatas.

Cara mengonsumsi selai kacang untuk diet penurunan berat badan

Dikutip dalam NDTV, selai kacang mengandung banyak kalori yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Anda harus sangat hati-hati dengan ukuran porsinya.

Menurut penelitian, disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari dua sendok makan selai kacang.

Jika benar-benar ingin mencoba diet ini sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi tentang jumlah yang tepat dan waktu terbaik untuk mengonsumsi selai kacang untuk menurunkan berat badan.

Disamping itu, jika ingin menurunkan berat badan selai kacang untuk diet dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein saja. Pastikan dalam satu hari, Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang termasuk mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com