Olahan Kacang Chestnut, Resep dan Cara Membuatnya Jadi Dessert Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 15:30 WIB
Penjual selai Foto: Istimewa
Jakarta -

Chestnut adalah jenis kacang yang memiliki kulit tebal dengan sensasi rasa manis. Kacang chestnut ini juga disebut dengan kastanye yang jika dipanggang akan menghasilkan tekstur kenyal dan renyah di bagian luar.

Memiliki ukuran besar, BBC goodfood memberikan beberapa tips cara membuka chestnut ketika hendak diolah. Salah satu cara mengupas chestnut adalah dengan memanggangnya terlebih dulu dengan suhu 180 derajat celcius. Ini akan memudahkan Anda untuk membuka cangkangnya setelah dingin.

Selain dipanggang, chestnut juga bisa direbus. Namun hasilnya lebih halus dibandingkan dengan dipanggang. Mengolah chestnut dengan cara direbus dapat menghasilkan tekstur yang lebih halus sehingga cocok jadi campuran sup.

Chestnut yang mengandung protein ini juga enak dijadikan sebagai dessert lho. Khusus untuk dessert olahan chestnut biasanya berbentuk tepung. Resep chestnut puree untuk pelengkap dessert ini mudah di buat.

Total Waktu Penyajian :75 menitMenit
Untuk Penyajian :6Porsi
Judul Resep :Resep selai chestnut
Kategori :Dessert
Masakan :Kacang-kacangan
Durasi Persiapan :30 menitMenit
Durasi Masakan :45 menitMenit
Total Durasi :75 menitMenit

Bahan :
  • 800 gram chestnuts
  • 200 gram gula pasir
  • 400 ml air
  • 1 sdt vanilla

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius. Tempatkan chestnut dalam loyang dan panggang hingga kulitnya terkelupas sekitar 15-20 menit, aduk setelah 10 menit.

  2. Keluarkan chestnut dari oven dan diamkan 5 menit hingga dingin. Kupas kulitnya dan biarkan chestnut benar-benar dingin.

  3. Didihkan chestnut panggang yang sudah dikupas dengan gula dan air. Kecilkan api dan biarkan mendidih 25 hingga 35 menit sampai sebagian besar cairan menguap.

  4. Angkat dan campur dengan vanilla. Saring chestnut, sisakan cairannya.

  5. Haluskan chestnut dalam food processor sampai halus. Sambil tambahkan campuran air gula yang sudah dimasak tadi.

  6. Dinginkan dan sajikan dengan roti atau cake.

Kacang chestnut menjadi perbincangan warganet setelah tayangan MasterChef Season 7 episode Minggu pada (22/11) di tantangan Pressure Test, peserta diwajibkan mengolah chestnut. Kalau penasaran dengan rasa chestnut, resep selai chestnut dari detikFood bisa dicoba!



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan Kacang Kriuk"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com