7 Sarapan yang Baik untuk Diet Penurunan Berat Badan, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 08:00 WIB
Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food. Foto: iStock
Jakarta -

Sarapan adalah makanan terpenting untuk memulai hari. Sarapan juga dapat menghindari anjloknya gula darah.

Memulai hari dengan makanan tinggi nutrisi lengkap juga memungkinkan Anda untuk terus membuat pilihan makanan yang lebih baik sepanjang hari. Termasuk menghilangkan keinginan ngemil pada malam hari.

Penelitian menunjukkan bahwa Anda cenderung membakar lebih banyak kalori sepanjang hari setelah sarapan. Sementara melewatkan sarapan dikaitkan dengan membakar lebih sedikit kalori sepanjang hari.

Menu sarapan yang baik untuk diet:

1. Oats

Oat adalah salah satu makanan untuk sarapan terbaik untuk diet. Biji-bijian 100 persen mengandung serat, protein nabati, vitamin B dan mineral termasuk zat besi, kalsium dan magnesium.

Mereka dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung karena jenis serat yang disebut beta-glukan yang telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol. Serat ini juga menjadi bahan bakar untuk probiotik tubuh Anda, membantu bakteri baik untuk bertahan hidup dan berkembang.

2. Telur

Sarapan yang baik untuk diet adalah telur. Jangan digoreng, sebaiknya nikmati telur rebus atau telur orak-arik tanpa tambahan minyak.

Telur mengandung vitamin A, D dan B12. Telur adalah bahan makanan yang mudah didapat dan padat nutrisi.

Dua telur besar mengandung lebih dari 50 persen kolin yang Anda butuhkan setiap hari. Satu telur memiliki sekitar 8 gram protein.

Hampir semua tubuh kita membutuhkan protein seperti kulit, darah dan tulang. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Jadikan sarapan sebagai kombinasi dari serat pengisi dan protein tanpa lemak seperti telur orak-arik yang dinikmati di atas roti gandum panggang.

3. Greek yogurt

Yogurt tanpa pemanis juga memberikan manfaat dari probiotik. Yogurt bisa jadi menu sarapan praktis dan sehat. Yogurt mengandung kalsium dan diperkaya dengan vitamin D. Selain itu yogurt juga mengandung protein sehingga sangat cocok dinikmati bersama dengan biji-bijian ataupun potongan buah segar.

5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

4. Pisang

Pisang membantu Anda menghilangkan rasa lapar. Pisang juga mengandung asam folat dan vitamin B6 yang dapat membantu produksi serotonin yang bisa membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Serat larut juga akan membantu menurunkan kolesterol dengan mengeluarkannya dari saluran pencernaan dan mencegahnya masuk ke aliran darah agar tak menyumbat arteri. Untuk sarapan pisang dapat dimakan dengan chia seed atau yogurt.

5. Teh hitam atau kopi

Ada banyak penelitian yang menghubungkan kandungan antioksidan dan kafein yang ditemukan dalam teh dan kopi tanpa pemanis memiliki manfaat kesehatan untuk penurunan risiko penyakit kronis dan mengelola berat badan.

Kopi atau teh hitam selalu jadi pilihan sarapan saat diet asalkan tidak menambahkan pemanis seperti gula pasir.

6. Alpukat

Sarapan yang baik untuk diet adalah alpukat. Buah bertekstur lembut ini mengandung lemak yang baik untuk jantung. Selain itu alpukat juga dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga Anda cenderung tak makan secara berlebihan.

Roti panggang yang dipadu dengan buah alpukat mengandung vitamin dan mineral. Lemak tak jenuh dalam alpukat juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker terkait gaya hidup dan diabetes.

Woman  holding smoothie bawl with organic yogurt, berries and mint. Homemade yogurt in girl's hands served with raspberry, strawberry and blueberry. Breakfast. snack. Healthy eating, lifestyle conceptWoman holding smoothie bawl with organic yogurt, berries and mint. Homemade yogurt in girl's hands served with raspberry, strawberry and blueberry. Breakfast. snack. Healthy eating, lifestyle concept Foto: iStock

7. Raspberi

Satu cup raspberi dengan berat 8 gram bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian yang ada dalam Journal of Nutrition menyebutkan bahwa makan lebih banyak serat dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi yang dilakukan selama dua tahun ini menyebutkan mengonsumsi 8 gram serat untuk tiap 1000 kalori akan membantu menurunkan sekitar 2 kg berat badan.

Raspberi sarapan sehat untuk diet juga bisa dipadu dengan yogurt sehingga rasa dan kandungan gizinya lebih tinggi.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com