Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 09:00 WIB
Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

4. Mempersulit akses ke camilan

"Kalau saya (caranya), jangan sediain camilan sama sekali di rumah," jelas dokter berkacamata ini. Ia juga merekomendasikan untuk tidak taruh camilan di kamar.

Kalaupun mau menyetok snack, misalnya taruh camilan dalam stoples, lalu simpan stoplesnya di lemari paling dalam supaya tak terlihat.

Cara lain adalah dengan memposisikan snack jauh dari jangkauan kita saat sedang santai nonton TV atau bekerja. "Tiap kali kita mau makan, kita harus jalan dulu. Mempersulit akses terhadap camilan tersebut. Proses ini jadi ribet, lama-lama kita akan malas jadi ngemil," jelas dr. Dion.

5. Ngemil sebenarnya tak masalah

Cara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat IniCara Menurunkan Berat Badan, Ikuti 5 Tips Ngemil Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Di akhir, dr. Dion menegaskan kalau ngemil bukanlah hal salah. Makan gorengan, minum boba, makan snack tinggi kalori sesekali tidak salah. "Semua kembali ke seberapa banyak porsi dan seberapa sering kamu makan," katanya.

Selama tahu batasan, ngemil tidaklah jadi penyebab kesehatan yang buruk atau berat badan naik. dr. Dion mengatakan, "Justru terlalu membatasi (ngemil), kita akan cenderung balas dendam, dan kembali ke kebiasaan lama yang buruk."

Demikian cara menurunkan berat badan dengan tips ngemil sehat ala dr. Dion. Tips ini mudah dipraktikkan dan cocok untuk para pelaku diet.

Baca Juga: Sukses Turunkan Berat Badan 20 Kilogram, Youtuber Ini Berbagi Tips Diet

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com