Kombinasi Jahe dan Madu, Ramuan Ampuh Untuk Jaga Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 22 Nov 2020 08:00 WIB
Racikan Jahe dan Madu Foto: iStock
Jakarta -

Jahe terkenal sebagai rempah berkhasiat untuk atasi berbagai gejala penyakit. Kombinasi jahe dan madu ternyata memiliki khasiat untuk imunitas.

Jahe secara turun temurun dipercaya oleh banyak orang sebagai 'first-aid' dalam beberapa penyakit. Untuk mengatasi pilek atau badan yang kurang sehat jahe sering dipilih menjadi pertolongan pertama pengobatan.

Faktanya, jahe tidak hanya mampu meredakan gejala-gejala penyakit. Jahe juga bisa membantu tubuh melawan bakteri-bakteri merugikan seperti E. Coli dan juga meminimalisir bakteri merugikan pada mulut.

Dikutip dari mashed (16/11) alasan jahe menjadi pilihan efektif pada saat perut kembung atau morning sickness yang biasanya dialami ibu hamil adalah kemampuan jahe untuk mengurangi gas pada perut. Jahe juga membantu tubuh untuk mengeluarkan enzim alami dalam menangkal gejala-gejala penyakit yang datang.

Racikan Jahe dan MaduRacikan Jahe dan Madu Foto: iStock

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Bagi wanita, jahe juga ampuh untuk meredakan kram perut saat nyeri haid. Berdasarkan pada penelitian di tahun 2015, wanita yang mengonsumsi 1500 miligram suplemen jahe pada 3 hari pertama saat menstruasi kram berkurang dan durasi rasa sakit berkurang dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Keuntungan lainnya konsumsi jahe adalah dapat mengurangi kolesterol jahat dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan pada jahe yang cukup tinggi.

Kandungan antioksidan yang tinggi ini membantu melindungi DNA dari radikal bebas dan stres oksidatif yang mencegah penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau bahkan penyakit jantung.

Jahe tidak hanya bisa dikonsumsi secara murni. Racikan jahe dengan bahan lainnya juga bisa membuat khasiatnya menjadi lebih bagus lagi.

Racikan Jahe dan MaduRacikan Jahe dan Madu Foto: iStock

Madu dikenal sebagai pasangan paling cocok untuk digabungkan bersama dengan jahe. Jahe memiliki rasa yang pedas dan bau yang tajam ketika digabungkan dengan madu akan membantu menetralisir rasa dan bau tersebut.

Madu juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jahe dengan antioksidannya yang tinggi disatukan dengan madu yang juga memiliki antioksidan yang tinggi akan sangat berkhasiat.

Dosis konsumsi madu dan jahe juga tetap harus diperhatikan. Bukan karena keduanya memiliki khasiat yang sangat baik tetapi tidak bisa diminum dengan takaran yang sembarangan. Tetap dibutuhkan untuk menjaga khasiatnya.

Racikan Jahe dan MaduRacikan Jahe dan Madu Foto: iStock

Kombinasi antara jahe dan madu ini juga sangat membantu untuk menjaga sistem imun tubuh, terutama pada musim penyakit seperti saat ini. Salah satunya dengan mencampurkan air hangat dengan 2 sendok teh air perasan jahe dengan 21/2 sendok teh madu.

Minum jahe dan madu hangat ini akan membantu menenangkan hidung yang tersumbat, tenggorokan yang gatal, serta memperbaiki kondisi tubuh dengan perawatan secara alami.

Baca Juga: Racik Jahe, Apel, dan Madu untuk Minuman Penggempur Lemak



Simak Video "Hangatnya Wedang Tahok Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)