Tips Makan Nasi Padang Buat Kamu yang Lagi Diet, Gampang Dicontek!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 19 Nov 2020 11:00 WIB
Tips Makan Nasi Padang Saat Diet Foto: iStock
Jakarta -

Walau sedang diet, kamu tetap bisa menikmati nasi Padang. Namun ada tips yang perlu dilakukan supaya asupan kalori dari nasi Padang tak terlalu banyak. Yuk, cek tipsnya!

Nasi Padang adalah hidangan tradisional Sumatera Barat yang jadi favorit banyak orang Indonesia. Berupa nasi putih hangat yang ditambahkan aneka lauk.

Lauk pendampingnya bisa berupa rendang, ayam bakar, ayam gulai, hingga dendeng. Hampir semua lauk yang disajikan di warung Nasi Padang ini sangat berlemak karena menggunakan santan. Proses memasaknya juga lama, sehingga menghasilkan minyak berlebih.

Oleh karenanya nasi Padang jadi musuh para pelaku diet. Selain itu, porsi nasi Padang juga terbilang besar.

Tips Makan Nasi Padang Saat DietTips Makan Nasi Padang Saat Diet Foto: Instagram @rahmatsandii

Tapi kini tak perlu khawatir lagi kalau ingin menikmati nasi Padang saat sedang berdiet. Ahli diet Rahmat Sandi memiliki beberapa tips yang bisa dicoba. Tips ini ia bagikan lewat akun Instagram-nya @rahmatsandii (9/11).

"DIET MASIH BISA MAKAN NASI PADANG??? Jawabannnya bisa banget,karna kita pas di restoran padang,kita bisa cari lauk yg rendah kalori," tulis Ahli diet Rahmat Sandi.

Baca Juga: 10 Lauk Nasi Padang Enak, Yang Mana Favoritmu?

Berikut tips makan Nasi Padang saat diet:

1. Pilih Lauk

Tips Makan Nasi Padang Saat DietTips Makan Nasi Padang Saat Diet Foto: iStock

Mencari lauk rendah kalori saat makan nasi Padang memang terbilang sulit. Tapi ada beberapa lauk yang menggunakan daging ayam atau ikan sebagai pilihan.

Rahmat menyarankan ayam bakar, ayam pop, atau ikan bakar. Menurutnya menu ini rendah kalori karena tidak menggunakan santan sebagai bahan utamanya.

2. Porsi Nasi

Tips Makan Nasi Padang Saat DietTips Makan Nasi Padang Saat Diet Foto: Instagram @rahmatsandii

Nasi Padang banyak disukai karena porsinya yang besar. Bahkan kalau beli Nasi Padang dibungkus, porsi nasi yang diberikan bisa 2 kali lipat. Namun, karena sedang diet hal itu perlu kamu perhatikan.

Nasi yang kamu bisa makan hanyalah 1/2 porsi. "Agar makin kenyang 1/2 nasi putih saja," tulis Rahmat Sandi pada keterangannya. Saat berdiet, asupan karbohidrat memang harus dikurangi agar proses penurunan badan lebih cepat.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Makanan di Resto Atta Halilintar, Enak Nggak Sih?"
[Gambas:Video 20detik]