Dokter Ini Ungkap Kalori Es Kopi Susu Gula Aren, Bikin Melongo!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 31 Okt 2020 09:00 WIB
How to make ice coffee Foto: iStock
Jakarta -

Es kopi susu gula aren memang nikmat, tapi hindari konsumsinya terlalu sering karena minuman ini tinggi kalori. Berapa jumlahnya?

Es kopi susu gula aren tergolong minuman kopi kekinian yang punya banyak penggemar. Rasanya nikmat karena menggabungkan espresso, susu segar, dan gula aren cair yang manis legit.

Varian es kopi susu gula aren kini ditawarkan hampir semua gerai minuman kopi kekinian. Penikmatnya bisa minum es kopi susu ini lebih dari dua gelas sehari!

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Es Kopi Susu Kekinian yang Lebih Sehat

Eits, tapi kebiasaan itu sebaiknya tidak dilakukan karena kandungan kalori segelas es kopi susu gula aren.

Dokter Ini Ungkap Kalori Es Kopi Susu Gula Aren, Bikin Melongo!Dokter Ini Ungkap Kalori Es Kopi Susu Gula Aren, Bikin Melongo! Foto: TikTok dr.feliciasiswanto

dr. Felicia Siswanto yang eksis di TikTok memberi penjelasannya. Ia menulis bahwa kalori 1 gelas es kopi susu gula aren sama dengan jalan cepat/jogging sejauh 5 km.

"Kok bisa? Katanya kan gula aren lebih sehat daripada gula pasir?" tulisnya. dr. Feli lalu merinci kandungan kalori es kopi susu gula aren.

Paduan espresso dan susu full cream sudah mengandung 150-180 kalori. Kemudian dalam satu gelas es kopi susu gula aren biasanya memakai 3-4 sdm gula aren. Nilai kalorinya 192.

Jadi, jika ditotal, segelas es kopi susu gula aren mengandung 370 kalori.

Es Kopi Susu NabatiDokter Ini Ungkap Kalori Es Kopi Susu Gula Aren, Bikin Melongo! Foto: iStock

dr. Feli juga menyoroti kandungan indeks glikemik gula aren yang lebih rendah. Faktanya memang benar sehingga jenis gula ini tidak cepat menaikkan gula darah.

Tapi dalam hal kalori, gula aren maupun gula pasir sama. Aroma dan rasa gula aren yang lebih nikmat menjadi alasan jenis gula ini banyak dijadikan campuran kopi.

Di akhir videonya, dr. Feli juga menyarankan untuk tidak minum es kopi susu gula aren terlalu sering. Apalagi untuk yang sedang berdiet.

Baca Juga: 5 Trik Minum Es Kopi Susu dari Dokter, Khusus Buat yang Lagi Diet!



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)