Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya

Monika Perangin - detikFood Kamis, 12 Nov 2020 07:00 WIB
Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Teh hitam merupakan jenis teh paling banyak diminum di dunia. Teh hitam juga bisa bantu turunkan berat badan.

Selama ini teh hijau dikenal dengan khasiatnya untuk turunkan berat badan. Padahal teh hitam yang dikenal sejak 5.000 tahun silam juga berkhasiat sama.

Kedua jenis teh ini mengandung kafein dan flavonoid yang unik. Karenanya kamu bisa mulai mengonsumsi teh hitam tanpa gula jika sedang turunkan berat badan.

Teh hitam dan berat badan

Awal ditemukan teh dikonsumsi sebagai minuman untuk penghangat badan. Kemudian berkembang sebagai minuman untuk kesenangan. Ditambah susu dan gula serta pemanis lainnya.

Secara medis teh hitam memiliki manfaat sehat. Teh hitam memiliki rasa yang pekat. Teh ini mengandung antioksidan yang bisa menaikkan energi, menyehatkan jantung, mengontrol kadar kolesterol, dan mengatur berat badan.

Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini FaktanyaTeh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya Foto: iStock

Kandungan flavonoid yang ada pada teh hitam, merupakan tipe antioksidan yang bermanfaat sehat. Tanaman teh camelia sinensis mengandung flavonoid yang disebut catechin. Catechin dalam teh hitam berkhasiat sehat

Bagaimana cara teh hitam membantu penurunan berat badan?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 3 hal yang merupakan kelebihan teh hitam yang bisa membantu penurunan berat badan.

Baca Juga : Minum Teh Hitam Saat Sarapan? Ini Manfaat Sehat dan Cara Seduhnya

1. Mengubah bakteri usus

Teh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini FaktanyaTeh Hitam Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Faktanya Foto: iStock

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition menemukan bahwa teh hitam membantu mekanisme tertentu melalui mikrobioma usus. Hal ini memperlancar pencernaan dan menurunkan berat badan.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa teh hitam menurunkan bakteri usus yang terkait dengan obesitas dan meningkatkan bakteri usus yang yang berkaitan dengan penurunan massa tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]