Kenapa Berat Badan Susah Turun? Ini 7 Kebiasaan yang Harus Dihindari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 06:00 WIB
Kenapa Berat Badan Susah Turun? Ini 7 Kebiasaan yang Harus Dihindari Foto: Getty Images/iStockphoto/PraewBlackWhile
Jakarta -

Berat badan susah turun? Bisa jadi karena kamu melakukan kebiasaan ini. Mulai dari makan terlalu malam hingga melewatkan waktu makan.

Kebiasaan makan penting diperhatikan saat sedang berdiet. Pasalnya jika kamu memiliki kebiasaan buruk ini, berat badan akan susah turun meski sudah berusaha mengurangi porsi makan.

Terlihat sepele, tapi kebiasaan makan ini masih dilakukan banyak orang sekalipun yang tengah berdiet. Kebiasaan itu antara lain tidak sarapan, makan terlalu malam, hingga melewatkan waktu makan.

Seperti apa penjelasan para pakar kesehatan dan ahli gizi? detikFood merangkumnya dari Eat This, Not That (10/11) seperti berikut:

1. Tidak mengasup protein di pagi hari

Kenapa Berat Badan Susah Turun? Ini 7 Kebiasaan yang Harus DihindariKenapa Berat Badan Susah Turun? Ini 7 Kebiasaan yang Harus Dihindari Foto: Getty Images/iStockphoto/PraewBlackWhile

Banyak orang melewatkan sarapan saat diet, namun hal ini kurang tepat. Sarapan justru dianjurkan kalau kamu mau berat badan cepat susut. Tapi tak semua makanan bisa kamu lahap.

Konsumsilah makanan tinggi protein untuk mendapatkan rasa kenyang lebih lama. "Konsumsi makanan tinggi protein, terutama di pagi hari, bukan hanya bisa membakar kalori lebih banyak sepanjang hari, tapi juga mengurangi ngidam makanan dan stress sepanjang hari," ujar pakar kesehatan Anthony Coffey.

Beberapa sumber makanan tinggi protein yang bisa kamu konsumsi adalah telur rebus, roti gandum, dan oatmeal. Juga produk olahan susu seperti susu segar dan yogurt.

2. Baru makan saat lapar
Kebiasaan lain yang membuat berat badan susah turun adalah baru makan ketika benar-benar lapar. "Orang-orang yang diet biasanya berpikir dengan melewatkan waktu makan atau mengundurnya bisa membuat mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori. Tapi hal ini malah berakibat kebalikannya," ujar pakar kesehatan Katelyn Barrons.

Biasanya orang tersebut malah makan lebih banyak dari seharusnya. Mereka juga cenderung memilih menu tidak sehat. Karenanya penting menghindari makan saat perut sudah keroncongan.

Lebih baik makan di waktu yang tepat, meski kamu belum lapar, sehingga rasa lapar bisa dikontrol. Kecenderungan memilih makanan yang kurang sehat juga bisa dihindari.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Iga Sapi dengan Jengkol Pedas"
[Gambas:Video 20detik]