Ini 5 Penyebab Berat Badan Sulit Turun Meski Sudah Diet Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 08:00 WIB
Healthy lifestyle. Good life. Organic food. Vegetables. Close up portrait of happy cute beautiful young woman while she try tasty vegan salad in the kitchen at home. Foto: iStock
Jakarta -

Sudah terapkan diet sehat tapi berat badan belum kunjung turun? Bisa jadi karena lima penyebab ini. Yuk, simak lebih lanjut!

Diet ada banyak jenisnya, masing-masing menawarkan formula berbeda. Dengan fokus utama biasanya ada pada jenis makanan yang dikonsumsi. Namun keberhasilan suatu jenis diet bisa berbeda antarorang.

Secara umum, diet disebut tidak efektif ketika berhasil membuat seseorang turun berat badan dengan cepat, namun setelahnya justru bikin timbangan badan melonjak. Lebih bagus memilih diet sehat yang fokus pada asupan makanan bervariasi dan memenuhi zat gizi seimbang.

Meski terkadang diet sehat ini tidak bikin berat badan turun. Kenali beberapa penyebab di baliknya seperti dijelaskan Insider (28/9):

1. Diet sehat tidak adaptif dengan perubahan tubuh

perbedaan diet ala jepang dan baratFoto: iStock

Jika berat badan Anda berhasil turun saat diet, Anda telah mencapai kondisi "plateau" karena adaptasi metabolik. Ahli gizi Rachel Hosie menjelaskan, hal ini berarti tubuh Anda memerlukan jumah kalori berbeda dari ketika pertama Anda mulai diet.

Sayangnya prinsip mengasup kalori lebih sedikit terus-menerus dengan tujuan menurunkan berat badan, tidak selalu berhasil pada tiap orang, kata ahli gizi Fatimah Fakhoury.

Misalnya, beberapa orang harus dibantu olahraga saat menurunkan berat badan. Dengan begitu, kebutuhan kalori mereka tetap sama namun berat badannya tetap akan turun.

Baca Juga: Diet Sehat dan Tipsnya agar Efektif Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]