Diet Sehat dan Tipsnya agar Efektif Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 20 Sep 2020 06:00 WIB
Salad Mangga Diet sehat. Foto: Grab
Jakarta -

Diet sehat telah terbukti secara ilmiah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi risiko beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi membuat perubahan besar pada diet terkadang terasa berat. Daripada membuat perubahan besar, lebih baik memulai dengan beberapa perubahan kecil.

Kunci dari diet sehat adalah makan dengan jumlah kalori yang tepat sehingga energi yang masuk dengan yang dikeluarkan akan seimbang.

Jika Anda makan atau minum lebih dari yang dibutuhkan tubuh, ini akan membuat berat badan bertambah karena energi yang tidak digunakan akan disimpan sebagai lemak. Sehingga Anda perlu memastikan untuk melaksanakan diet sehat dengan menjalankan diet seimbang.

Berikut ini cara diet sehat dan cepat menurunkan berat badan yang bisa diterapkan:

1. Pilih Karbohidrat Kompleks


Karbohidrat sederhana menjadi salah satu jenis yang perlu dihindarkan. Sehingga lebih baik pilih karbohidrat kompleks yang mengandung serat. Pilih varietas yang lebih kaya serat atau biji-bijian seperti pasta gandum utuh, nasi merah atau kentang.

Semuanya mengandung lebih banyak serat daripada karbohidrat bertepung putih atau olahan dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi Buah dan Sayur


Dianjurkan untuk makan setidaknya lima porsi berbagai buah dan sayur setiap hari. Mendapatkan lima kali makan buah dan sayur bisa dinikmati tidak hanya dalam bentuk buah potong tetapi juga bisa dikonsumsi dengan campuran sereal.

3. Makan Lebih Banyak Ikan


Diet sehat dan murah bisa didapatkan dari protein seperti telur. Akan tetapi selain telur, disarankan juga untuk makan ikan. Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Usahakan makan setidaknya 2 porsi ikan seminggu termasuk setidaknya 1 porsi minyak ikan.

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, sarden hingga tuna mengandung lemak omega-3 yang tinggi dan dapat mencegah penyakit jantung.

4. Kurangi Lemak Jenuh


Mengurangi lemak jenuh termasuk salah satu dari diet sehat. Lemak hanya dibutuhkan sedikit dalam tubuh. Ada dua jenis lemak utama yaitu jenuh dan tidak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dikutip dalam NHS.uk, rata-rata pria tidak boleh mengonsumsi lebih dari 30 gram lemak jenuh sehari. Rata-rata wanita tidak boleh mengonsumsi lebih dari 20 gr lemak jenuh sehari.

Lemak jenuh banyak terkandung dalam mentega, kue, biskuit, lemak babi hingga krim. Untuk pilihan yang lebih sehat sebaiknya gunakan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun. Sedangkan untuk pengganti mentega bisa menggunakan ghee.

5. Batasi Asupan Gula


Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula secara teratur meningkatkan risiko obesitas dan kerusakan gigi. Makanan dan minuman manis seringkali berenergi tinggi dan jika dikonsumsi terlalu sering dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Mereka juga dapat menyebabkan kerusakan gigi terutama jika dimakan diantara waktu makan.

Gula banyak ditemukan dalam minuman bersoda manis, sereal manis, permen, cokelat, kue kering hingga kue dan biskuit. Batas maksimal konsumsi gula yaitu 4 sdm per hari untuk setiap orang.

6. Batasi Asupan Garam


Untuk menjalankan diet sehat sebaiknya konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram sehari untuk orang dewasa. Makan terlalu banyak garam dan meningkatkan tekanan darah tinggi yang bisa mungkin saja mengembangkan penyakit jantung dan stroke.

7. Olahraga Teratur


Selain diet sehat, olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi kesehatan yang serius. Dengan olahraga secara teratur juga bisa membantu menjaga berat badan .

8. Cukup Air


Anda perlu minum banyak cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Konsumsi air putih sebaiknya diminum 6 sampai 8 gelas setiap hari. Selain air putih, cairan juga bisa didapatkan dari beberapa buah dan sayur yang mengandung tinggi kadar air seperti semangka, melon hingga mentimun.

9. Jangan Lewatkan Sarapan


Diet sehat untuk pemula bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sarapan sehat yang tinggi serat dan rendah lemak, gula dan garam dapat menjadi bagian dari diet seimbang dan dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang baik.

Sarapan untuk diet sehat yang bisa Anda coba adalah dengan buah, sayur dan beberapa jenis protein seperti telur serta daging ayam serta ikan.



Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)