7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Berat Badan Sulit Turun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 08 Jul 2020 11:00 WIB
Kebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turun Foto: Getty Images/iStockphoto/ViewApart
Jakarta -

Kebiasaan buruk ini tanpa disadari bisa membuat berat badan sulit turun. Hindari makan depan TV hingga tak cukup minum air.

Menurunkan berat badan sebenarnya tak sulit asal konsisten mengontrol asupan makan dan aktif bergerak. Namun jika sudah melakukan keduanya berat badan tak kunjung turun, bisa jadi kebiasaan buruk ini yang jadi penyebabnya.

Tanpa disadari kebiasaan buruk ini terus kita lakukan hingga akhirnya berpengaruh pada metabolisme tubuh dan membuat berat badan sulit susut. Misalnya menonton terlalu lama yang pada akhirnya membuat kita tak banyak bergerak dan tidak cukup membakar kalori.

Ada juga kebiasaan tidak cukup minum air putih yang membuat metabolisme tubuh tidak maksimal. Padahal minum air juga jadi salah satu cara tubuh merasa kenyang.

Dikutip dari Eat This Not That (10/7), berikut 7 kebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turun:

1. Bekerja sampai malam

Kebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turunKebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turun Foto: Getty Images/iStockphoto/ViewApart

Bekerja sampai malam membuat kita kurang tidur, padahal cukup tidur merupakan kunci penurunan berat badan. Peneliti di Wake Forest membuktikan cukup tidur adalah hal penting untuk membuat perut merasa kenyang.

Mereka menemukan orang yang tidur hanya 5 jam atau kurang memiliki risiko naik berat badan 2.5 kali lipat dibanding orang yang tidur 7-8 jam setiap malamnya. Namun perlu diwaspadai, jangan juga terlalu banyak tidur juga. Bagi yang sulit tidur, sebaiknya konsumsi makanan yang bisa membuat tidur lebih nyenyak seperti susu dan pisang.

Baca Juga: Nasi dan 5 Makanan Ini Bikin Tidur Lebih Nyenyak

2. Lewatkan waktu makan

Kebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turunKebiasaan buruk yang bikin berat badan sulit turun Foto: Getty Images/iStockphoto/ViewApart

Mungkin kamu sering berpikir melewatkan waktu makan seperti sarapan atau makan malam bisa membuat berat cepat turun. Memang mungkin benar terjadi, namun ini tidak efektif.

Pasalnya hampir 20 persen orang Amerika yang lewatkan waktu makan, terutama sarapan, akan cenderung naik berat badan. Hal ini karena mereka makan lebih banyak di waktu makan selanjutnya. Tipsnya, selalu usahakan sarapan dengan makanan tinggi protein dan serat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Gurame Asam Manis dan Ayam Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]