5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan, Bisa Cegah Sembelit!

Monika Perangin - detikFood Minggu, 08 Nov 2020 09:00 WIB
mangga Foto: iStock

3. Mengurangi Risiko Kanker

"Mangga penuh kandungan antiokisdan yang bisa melingungi tubuh dengan melawan radikal bebas," kata Byrd. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil dari polutan lingkungan yang pada dasarnya bersirkulasi ke seluruh tubuh. Bahayanya, molekul ini bisa menempel pada sel dan menyebabkan kerusakan organ.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penuaan dini bahkan kanker, karena kerusakan menyebar ke sel sehat lainnya.

Antioksidan seperti vitamin C dan E dalam mangga dapat menetralkan dan mencegah kerusakan organ tubuh sejak awal.

Mangga sangat istimewa karena memiliki sifat antikanker yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa mangiferin yang ada pada mangga telah terbukti bisa menghancurkan sel kanker ovarium dan paru-paru.

Merujuk pada penelitian yang dilakukan, para peneliti berspekulasi bahwa mangiferin bisa membuat sel kanker mati dengan menekan jalur molekuler yang dibutuhkan sel untuk bertahan hidup.

4. Mengatur Gula Darah

Mango Smoothie In A Bottle With Slices Of Mango FruitMango Smoothie In A Bottle With Slices Of Mango Fruit Foto: iStock

Mangga mengandung sekitar 13 gram gula per buahnya. Ada penelitian yang mengatakan bahwa mangiferin dalam mangga menekan alfa-glukosidase dan alfa-amilase. Dua enzim ini memiliki peran dalam penyakit gula darah, sehingga menghasilkan efek hipoglikemik.

Dengan kata lain mangga bisa menurunkan kadar gula darah dan memungkinkan tubuh mengontrol gula darah dengan lebih baik. Pada akhirnya risiko diabetes bisa dicegah.

Selain itu, Nutrition and Metabolic Insights pada tahun 2014 menemukan bahwa mangga dapat memperbaiki kadar glukosa darah pada orang yang alami obesitas. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan serat yang ada dalam mangga.

Serat bekerja dengan cara menunda penyerapan gula, yang mencegah lonjakan glukosa darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com