Selain Melezatkan Makanan, Bawang Bombai Punya 7 Manfaat Sehat Ini

Monika Perangin - detikFood Sabtu, 07 Nov 2020 11:00 WIB
Selain Melezatkan Makanan, Bawang Bombai Punya 7 Manfaat Sehat Ini Foto: iStock
Jakarta -

Bawang bombai dikenal dengan aroma harum dan kerenyahannya. Selain melezatkan masakan bawang yang renyah ini juga punya 9 manfaat sehat.

Bawang yang bulat kuning ini merupakan salah satu jenis bawang yang punya khasiat sehat. Bawang ini kaya akan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien yang menjaga imunitas tubuh.

Faktanya, bawang bombai memiliki mengandung serat, asam folat, antioksidan dan anti bakteri. Sementara kandungan lavonoidnya berguna untuk mengurangi resiko Parkonson, stoke dan kardovaskular.

Bawang bombai sudah ditanam sejak 5.000 SM. Dokter pada abad 16 sudah memakai bawang ini untuk atasi kemandulan dan banyak penyakit lain. Bawang bombai sudah tersebar di seluruh dunia.

Dikutip dari Blodsky (04/11) bawang bombai mentah ataupun yang dimasak punya sejumlah khasiat.

1. Mengontrol kadar gula darah

Selain Melezatkan Makanan, Bawang Bombai Punya 7 Manfaat Sehat IniSelain Melezatkan Makanan, Bawang Bombai Punya 7 Manfaat Sehat Ini Foto: iStock

Bawang bombai cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes atau pradiabetes. karena bombai memiliki kandungan seperti krom dan sulfur yang dapat membantu mengatur gula darah dan menurunkan gula darah.

Selain itu juga mengandungan senyawa quercetin dan sulfur yang memiliki efek antidiabetik. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur dan terkontrol bermanfaat bagi penderita diabetes atau prediabetes.

Baca Juga : 5 Fakta Bawang Bombai yang Kini Lebih Mahal dari Daging Sapi

2. Mencegah Kanker

Bawang bombai juga bisa mencegah kanker. Sayuran keluarga allium ini, memiliki senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang telah terbukti memiliki sifat melawan kanker.

Bahkan, bawang ini juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tumor. Dalam 100 gram bawang bombai mengandung 64 kalori, 14.9 g karbohidrat, 1.72 g serat dan 6.78 g gula.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]