Kalori Ayam Goreng Bagian Paha dan Dada, Mana yang Lebih Besar?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 02 Nov 2020 07:00 WIB
5 Ayam Goreng Enak di Bogor Ini Wajib Kamu Coba Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta -

Kalori ayam goreng bagian paha dan dada berbeda. Selain sayap, beberapa potong bagian paha dan dada memiliki besaran kalori yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh sebaran lemak yang ada di setiap bagian ayam.

Secara umum daging ayam memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Berbicara soal lemak, sebenarnya tergantung dari bagian mana yang digunakan, bahan pelengkap dan cara memasaknya.

Ayam yang dimasak dengan cara digoreng memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang dimasak dengan cara dibakar atau direbus.

Berikut ini beberapa kalori ayam goreng sesuai dengan bagian mana yang dikonsumsi:

1. Kalori dada ayam goreng

Kalori dada ayam tanpa kulit yang sudah dimasak dengan berat 100 gram adalah 165 kalori. Sebanyak 80 persen kalorinya berupa protein, sementara 20 persen kalorinya berupa lemak.

Untuk dada ayam goreng kita dapat mengasumsikan bahwa ayam tersebut menyerap minyak sebesar 1 sdm sehingga 100 gram ayam goreng bagian dada mengandung kalori 297,6 kalori.

2. Kalori paha atas goreng

Dalam satu paha atas tanpa kulit yang sudah dimasak (52 gram) terdapat 13,5 gram protein. Kalori paha atas ayam juga mengandung 109 kalori dalam sepotong paha atau 209 kalori tiap 100 gram sajiannya.

Untuk kalori paha atas goreng menjadi 341,6 kalori.

3. Kalori paha bawah goreng

Sepotong paha bawah ayam tanpa kulit atau tulang sebesar 44 gram mengandung 12,4 gram protein. Kalori paha bawah ayam tanpa kulit mengandung 76 kalori atau 172 kalori per 100 gram.

Kalori paha bawah goreng dengan berat 100 gram ialah 304,6 kalori.

4. Sayap ayam

Sayap ayam tanpa kulit atau tulang (21 gram) mengandung 6,4 gram protein. Sedangkan kalori satu buah sayap ayam tanpa kulit adalah 42 kalori. Sepotong sayap ayam goreng mengandung kalori sekitar 174,6 kalori.

Kalori ayam goreng satu potong ini memang terbilang lebih besar dibandingkan dengan kalori ayam panggang ataupun ayam rebus. Bagi beberapa orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan sebaiknya jangan mengolah ayam dengan cara digoreng.



Simak Video "Ayam Dimasak Campur Brem, Gimana Jadinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)