Ini Jumlah Kalori pada 5 Bagian Daging Ayam, Dada hingga Sayap

Riska Fitria - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 09:00 WIB
Jumlah kalori pada daging ayam Jumlah kalori pada daging ayam Foto: iStock
Jakarta -

Apapun olahannya, daging ayam masih menjadi favorit banyak orang. Namun, sebelum menyantapnya ketahui dulu jumlah kalori pada 5 bagian daging ayam ini.

Daging ayam dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari digoreng, dipanggang, direbus, ditumis dan masih banyak lagi. Rasa yang ditawarkan pada daging ayam juga sudah tak asing di lidah orang manapun.

Namun, penting untuk diketahui bahwa jumlah kalori pada bagian daging ayam itu berbeda-beda. Itu tergantung pada bagian-bagian potongan daging ayam. Biasanya daging ayam dibedakan dari bagiannya seperti dada, paha atas, paha bawah, sayap dan lainnya.

Nah, setiap bagian itu memiliki jumlah kalori yang berbeda. Jumlah kalori pada daging ayam itu dihasilkan dari protein dan lemak. Dengan mengetahui jumlah kalori pada daging ayam, kamu dapat memilih bagian daging ayam sesuai kebutuhan kalori.

Misalnya, kamu berniat untuk menurunkan berat badan, tentu saja kamu membutuhkan daging ayam dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Untuk pilihan itu, daging ayam bagian dada.

Dilansir dari Healthline (19/09/18) berikut jumlah kalori pada 5 bagian daging ayam.

1. Dada Ayam

Jumlah kalori pada daging ayamJumlah kalori pada daging ayam Foto: iStock

Daging ayam pada bagian dada merupakan salah satu potongan ayam yang paling populer. Rasanya hambar karena dada ayam tinggi akan protein dan rendah lemak. Oleh karenanya, dada ayam sering jadi pilihan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Satu daging ayam tanpa kulit dan tanpa tulang sebanyak 100 gram memiliki jumlah kalori sebanyak 165. Itu termasuk kalori dari protein sebanyak 31 gram dan lemak sebanyak 3,6 gram. Itu berarti 80% kalori pada dada ayam berasal dari protein dan 20% dari lemak.

Jumlah kalori pada daging ayam tersebut merupakan daging ayam yang masih polos tanpa tambahan. Setelah daging ayam dimasak dan menambahkan beberapa bahan lainnya seperti bumbu, minyak dan saus akan meningkatkan total kalori, karbohidrat dan lemak.

Dalam hal ini dada ayam merupakan sumber protein dan rendah lemak yang tidak mengandung karbohidrat. Jika kamu berniat mengonsumsi ini untuk menurunkan berat badan, sebaiknya daging ayam dimasak dengan cara dipanggang.

Baca Juga : Ini Perbedaan Nutrisi Paha Ayam dan Dada Ayam

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]