Ganti Kopi dengan 5 Minuman Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Ini

ADVERTISEMENT

Ganti Kopi dengan 5 Minuman Sehat yang Bisa Tingkatkan Imunitas Ini

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 02 Nov 2020 05:00 WIB
5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing
Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa minuman sehat bisa jadi pengganti kopi di pagi hari. Selain segar dan enak juga berkhasiat meningkatkan imunitas.

Sarapan sehat tak selalu harus mengonsumsi sayuran atau makanan rendah kalori. Tapi bisa juga mengonsumsi minuman sehat yang mudah dibuat di pagi hari.

Bahkan minuman-minuman ini bisa menjadi pengganti kopi, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Seperti konsumsi air lemon dengan jahe yang memacu metabolisme tubuh.

Kemudian ada jus lidah buaya, yang bisa menyehatkan kulit sekaligus mendorong sistem imun pada tubuh. Kalau tak mau repot, bisa coba minum air kelapa yang rendah gula dan mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari India Times (01/11), berikut lima minuman sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Biar Cepat Melek Konsumsi 5 Minuman Enak Ini Saat Sarapan

1. Jus Lidah Buaya

Healthy Aloe vera juice in a mason jar glass. Top view scene on a wooden paddle board.Jus Lidah Buaya. Foto: iStock

Lidah buaya biasanya digunakan untuk merawat rambut hingga kulit wajah. Tapi ternyata tumbuhan kaya manfaat yang satu ini juga bisa dikonsumsi menjadi jus sehat di pagi hari.

Dalam 100 ml jus lidah buaya terdapat 0,36g protein. Kandungan vitamin C nya mencapai 11%, lalu ada juga kandungan potasium dan zat besi dengan kisaran 2-3%.

Tak hanya nutrisinya yang melimpah, tapi jus lidah buaya ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Meminum satu gelas jus lidah buaya di pagi hari, disebut dapat mendorong metabolisme, mencegah berbagai penyakit dan infeksi.

2. Air Kelapa

Air Kelapa Tua Punya Nutrisi BerlimpahAir Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Sering dijadikan minuman pelepas dahaga, air kelapa juga cocok diminum di pagi hari untuk mengganti kopi. Minuman yang satu ini kaya akan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh.

Dalam 100 ml air kelapa hanya terdapat 19 kalori saja. Ini Sudah termasuk dengan kandungan serat dan kadar gula yang sangat rendah. Setidaknya ada 5% kandungan potassium dan 2% kalsium.

Menurut beberapa penelitian, air kelapa yang mengandung elektrolit jau lebih sehat dibandingkan teh atau kopi. Air kelapa juga bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, sampai membantu menurunkan berat badan.

3. Air Lemon dan Jahe

khasiat sehat minum air lemonkhasiat sehat minum air lemon Foto: iStock

Populer sejak dulu, air lemon merupakan salah satu minuman kesehatan yang populer. Minuman ini juga direkomendasikan untuk diminum di pagi hari, bisa sebagai pengganti teh atau kopi.

Kandungan dalam 100 gram lemon sendiri mengandung 50 gram vitamin C. Diikuti dengan kandungan vitamin B11, B12, B2 sampai kalsium dan potassiumnya yang cukup tinggi.

Manfaatnya semakin banyak ketikan air lemon ditambah dengan irisan jahe, daun mint hingga nanas. Selain rasanya yang menyegarkan, minuman sehat ini juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Jus Wortel

Healthy drink: high angle view of a drinking glass filled with fresh organic orange and carrot juice shot on rustic wooden kitchen table. Whole and sliced oranges and carrots are all around the glass. A kitchen knife and kitchen scissors complete the composition. Predominant colors are orange, green and brown. Low key DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM.Jus Wortel. Foto: iStock

Jus wortel ini punya segudang manfaat apalagi jika dikonsumsi di pagi hari. Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, tapi rutin mengonsumsi jus wortel juga berdampak baik pada bagian tubuh lainnya.

Dalam 100 gram wortel, terdapat 2,8 gram serat dan mengandung 88% air. Karenanya jus yang satu ini sangat sehat diminum di pagi hari, karena dapat menghidrasi tubuh setelah tidur semalam penuh.

Manfaat lainnya jus wortel sangat baik untuk kesehatan mata, melancarkan pencernaan, menyehatkan kulit dan gigi. Bisa juga sebagai pengganti sarapan bagi orang-orang yang sedang berdiet.

5. Jus Apel

apple isolated on wood backgroundapple isolated on wood background Foto: iStock

Untuk menyeimbangkan imunitas tubuh, penting untuk mendetoks atau mengeluarkan racun dari tubuh. Jus apel cocok diminum di pagi hari, sekaligus melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan 100 gram apel, ada 86% air, mengandung 0,6 protein dan kaya serat. Perlu diingat bahwa jus apel yang sehat, adalah jus apel yang tidak diberikan tambahan gula atau pemanis buatan.

Jadi sebisa mungkin hindari minum jus buah kemasan yang sudah diberikan berbagai bahan tambahan. Jus buah ini juga bisa meningkatkan kesehatan usus, serta menangkal tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

Baca Juga: 7 Makanan dan Minuman Terbaik Dikonsumsi Saat Sarapan



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT