Biar Cepat Melek Konsumsi 5 Minuman Enak Ini Saat Sarapan

Odilia WS - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 08:00 WIB
Asupan yang bikin melek di pagi hari Foto: iStock
Jakarta -

Setelah malam tidur beberapa jam, di pagi hari mata sering susah melek dan badan lemas. Agar tubuh segera segar, konsumsi 5 minuman enak ini saat sarapan.

Setelah beberapa jam beristirahat dari berbagai kegiatan, tubuh harus diisi dengan energi. Berupa makanan dan minuman kaya nutrisi yang mudah diserap tubuh atau bisa memberi energi seketika. Bahan bakar berupa asupan makanan harus dikonsumsi.

Karena saat bangun tidur biasanya mata susah melek dan tubuh perlu beberapa saat untuk benar-benar terjaga. Apalagi otak belum otomatis bekerja. Selain kopi dan teh yang bisa membuat mata melek dan tubuh segar, beberapa minuman enak ini bisa menjadi asupan sehat di pagi hari.


1. Teh hijau

Teh hijau sudah sejak ratusan tahun silam dikenal sebagai minuman untuk menyegarkan pikiran dan daya ingat. Teh hijau berasal dari tanaman camelia sinensis.

Khasiat tersebut karena teh hijau juga mengandung kafein seperti yang ada pada kopi. Ditambah kandungan asam amino L-Theanine. Asam lemak ini bisa mengurangi kecemasan dan merangsang produksi dopamine.

Sebaiknya seduh teh hijau dari daun teh yang berkualitas. Nikmati sesaat setelah diseduh dan sebaiknya tak menambahkan gula. Karena teh ini umumnya dinikmati tanpa gula.

Teh hijau Minuman yang Bikin Melek di Pagi Hari. Foto: Istimewa

2. Cokelat panas

Minuman cokelat klasik ini memang cocok diminum di pagi hari. Bisa menghangatkan badan sekaligus mengenyangkan. Diracik dari bubuk cokelat atau chocolate bar dengan susu panas.

Beberapa orang suka minuman sehat ini karena rasanya manis creamy serasa menikmati dessert di pagi hari. Selain menghangatkan cokelat panas juga membuat mata melek dan otak mudah berkonsentrasi.

Ini tak lain karena cacao kaya akan flavonol yang membantu fungsi kognitif pada memori untuk fokus berkonsentrasi. Pastikan kamu memakai cokelat dengan kandungan 70% cacao untuk mendapatkan khasiat sehat tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ketika Lupis dan Semprong Bertransformasi Jadi Jajanan Kinian"
[Gambas:Video 20detik]