5 Jenis Teh yang Ampuh Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak

Odilia WS - detikFood Rabu, 26 Agu 2020 06:00 WIB
Teh Untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak Foto: iStock
Jakarta -

Saat sedang menurunkan berat badan dianjurkan banyak minum teh. Ternyata 5 jenis teh ini punya kandungan yang ampuh turunkan berat badan dan bakar lemak.

Tanaman teh dari tumbuhan camelia sinensis sejak ratusan tahun silam sudah dinikmati sebagai minuman kesehatan oleh orang China. Ini karena daun teh mengandung zat alami yang bisa menjaga kesehatan.

Daun teh yang mengalami beberapa tahapan fermentasi menghasilkan teh dengan khasiat berbeda. Seperti kandungan antioksidan yang bisa membantu proses metabolisme lebih cepat atau memperlambat pembentukan sel lemak.

Untuk mendapatkan manfaat sehat, dianjurkan meminum teh tanpa tambahan gula, krimer, susu, madu atau pemanis lainnya. Ini agar tubuh tidak mendapatkan tambahan kalori yang akhirnya akan membuat berat badan sulit turun. Lalu teh apa saja yang dianjurkan untuk diminum saat sedang menurunkan berat badan?

Dilansir dari lifehack dan beberapa sumber berikut ini 5 jenis teh yang mampu turunkan berat badan dan bakar lemak.

1. Teh peppermint untuk mengurangi rasa lapar

Teh Untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar LemakTeh Untuk Turunkan Berat Badan dan Bakar Lemak Foto: iStock

Ngidam makanan manis dan gorengan merupakan salah satu godaan saat berdiet. Teh mentol atau peppermint merupakan teh terbaik untuk meredam ngemil makanan tersebut.

Ini karena kemampuan peppermint mengurangi aroma junk food yang sangat menggoda. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dipublikasikan di Neurological and Orthopedic Medicine. Orang yang setiap 2 jam menghirup minyak esensial peppermint berat badannya berkurang 2.5 kg per bulan.

Aroma kuat peppermint bisa merangsang reaksi olfactory pada otak yang mempengaruhi selera makan. Teh peppermint ini juga mengurangi kecemasan dan stres. Selain itu juga mengurangi efek negatif pada tingkat cortisol yang tinggi dalam metabolisme. Minimal teh peppermint bisa mempertahankan berat badan tidak naik.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nikmat Aroma Khas Teh Anggrung yang Sudah Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]