5 Jenis Teh untuk Meredakan Kram Perut Saat Haid

Inkana Putri - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 14:26 WIB
Teh Foto: shutterstock
Jakarta -

Saat haid atau menstruasi, beberapa wanita tentu sering mengalami nyeri atau kram di bagian perut. Hal ini tentu sangat mengganggu, terlebih saat beraktivitas.

Nyeri, kram, pusing, diare atau bahkan mual saat haid merupakan gejala dismenore yang normal terjadi. Biasanya, gejala ini muncul beberapa hari sebelum menstruasi atau periode awal menstruasi.

Gejala dismenore bisa terjadi karena kurangnya asupan oksigen di dalam rahim atau tidak seimbangnya hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Meskipun normal terjadi, namun hal ini juga tidak boleh dianggap sepele begitu saja.

Ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit saat haid, salah satunya dengan mengonsumsi teh herbal. Melansir Composed Nutrition, berikut 5 teh herbal yang bisa dikonsumsi guna meredakan kram saat haid.

1. Ginger Tea

Selain bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, jahe ternyata bagus untuk mengobati kram saat menstruasi. Kandungan antiinflamasi pada jahe mampu bekerja sebagai pereda nyeri dan mengurangi rasa sakit layaknya ibuprofen. Jahe juga mengurangi produksi prostaglandin dan bisa mengurangi gejala umum haid seperti kram, nyeri, dan sakit kepala. Untuk hasil maksimal, minumlah teh dengan campuran jahe sekitar 4 gelas sehari.

2. Lemon Balm Tea

Lemon balm merupakan sumber antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang memberi efek antispasmodik sehingga bisa mengurangi rasa nyeri dan kram. Selain itu, mengonsumsi teh lemon balm juga disebut mampu memberikan efek menenangkan tubuh dan meningkatkan suasana hati. Jadi, bagi kamu yang sering merasakan gejala PMS, kamu bisa coba untuk konsumsi teh lemon balm selama menstruasi.

3. Peppermint Tea

Siapa sih yang nggak kenal dengan jenis teh yang satu ini? Selain memiliki rasa yang dingin dan segar, ternyata peppermint juga bagus untuk mengurangi sakit kram saat haid. Sebuah studi menemukan, peppermint mampu mengobati dismenore dan mencegah kram saat karena memberikan efek relaksasi pada otot. Untuk membuatnya, kamu cukup campurkan beberapa peppermint ke dalam satu cangkir teh dan minum selagi hangat.

4. Cinnamon Tea

Cinnamon atau kayu manis biasanya lebih sering menjadi bahan dasar untuk membuat kue. Namun, kamu juga bisa campurkan kayu manis ke dalam satu cangkir teh hangat untuk meredakan kram saat haid. Sebuah studi menemukan wanita yang mengonsumsi 1000 mg kayu manis dalam tiga hari pertama haid mengalami pengurangan gejala dismenore yang signifikan. Itulah mengapa cinnamon tea disebut bisa membantu mengurangi nyeri haid dan kram.

5. Dandelion Tea

Tak hanya cantik, ternyata bunga dandelion juga banyak manfaatnya, salah satunya untuk meredakan kram. Namun, bagian yang dimanfaatkan untuk membuat dandelion tea bukan kelopak bunga melainkan akarnya. Akar dandelion berperan dalam detoksifikasi tubuh dan membersihkan kelebihan hormon dalam tubuh, termasuk estrogen dan progesteron.

Nah, itulah kelima teh herbal yang bisa kamu coba konsumsi saat kram perut menyerang. Jika kram tetap muncul dan sering terjadi, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter di bidangnya. Saat ini, kamu nggak perlu repot datang ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter. Grab bersama Good Doctor menghadirkan layanan GrabHealth yang bisa kamu manfaatkan untuk berkonsultasi dengan dokter professional.

Selain itu, kamu bisa membeli obat-obatan hingga skincare untuk kebutuhan harian kamu. Bagi kamu yang biasa mengonsumsi obat untuk meredakan kram dan nyeri saat haid, GrabHealth juga bekerjasama dengan banyak apotik untuk memenuhi kebutuhan obat, vitamin, dan produk kesehatan lainnya. Yuk segera konsultasi masalah haid kamu di GrabHealth. Ada banyak promo dan diskon menarik yang bisa kamu dapatkan dengan berbelanja produk kesehatan di GrabHealth.



Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)