Bukan Luwak, Inilah Kopi Termahal di Dunia

Abu Ubaidillah - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 17:26 WIB
Kopi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kopi merupakan salah satu minuman nikmat yang digandrungi banyak orang, termasuk anak muda. Perkembangan minuman berkafein ini sangat pesat di dunia. Kini kopi tidak hanya hadir dalam satu rasa, melainkan telah banyak pembuat kopi yang menciptakan varian lain untuk memberi rasa baru ketika menikmatinya.

Salah satu jenis kopi yang terkenal di Indonesia adalah kopi luwak. Kopi ini terkenal karena cita rasanya yang khas dan berbeda dibanding jenis kopi lain. Produksi kopi ini pun unik karena dari hewan luwak. Tak heran bila ingin menikmati kopi ini, seseorang harus merogoh kocek cukup dalam.

Kopi luwak merupakan salah satu jenis kopi dengan harga yang mahal di dunia. Namun tahukah kamu, di luar sana masih ada beberapa jenis kopi lain yang harganya jauh di atas kopi luwak? Dilansir dari Global Brands Magazine, berikut ini beberapa kopi dengan harga paling mahal di dunia.

Kopi Luwak

Kopi seharga USD 160 per pound ini berasal musang luwak yang ada di Indonesia. Hewan-hewan ini mengonsumsi kopi ceri dan memfermentasikannya selama proses pencernaan. Kemudian mereka menyimpan biji kopi di kotoran dan mengumpulkannya di satu tempat. Cita rasa khas kopi ini berasal dari enzim yang dikeluarkan selama proses pencernaan.

Hacienda La Esmeralda

Dibanderol dengan harga USD 350 per pound, kopi ini dibudidayakan di Gunung Baru, Panama. Kelezatan yang tercipta membuat kopi ini telah memenangkan banyak penghargaan dalam kontes kopi dunia selama beberapa tahun terakhir.

Finca El Injerto Coffee

Kopi ini memiliki harga mahal karena terbuat dari kacang langka dan kecil. Kualitasnya pun ditingkatkan dengan mencuci mereka dalam satu saluran dan memecahkannya dua kali. Tak tanggung-tanggung, harganya mencapai USD 500 per pound.

Black Ivory Coffee

Kopi ini terbuat dari biji kopi Arabika oleh Black Ivory Coffee Company di Thailand. Prosesnya mirip dengan kopi luwak di mana biji kopi arabika dikonsumsi gajah dan mengeluarkannya kembali dalam bentuk biji kopi di dalam kotoran. Asam lambung gajah memecah protein kacang dan memberikan rasa yang kuat untuk minuman ini. Kopi ini dibanderol dengan harga lebih dari USD 500 per pound.

Itulah beberapa jenis kopi termahal di dunia. Buat kamu pencinta kopi, bisa menikmati beragam sajian dengan rasa yang bermacam-macam. Apalagi saat ini sudah ada layanan antar makanan seperti GrabFood. Tinggal buka smartphone, pilih kopinya, pesanan pun akan sampai di tempat tujuan.

(prf/ega)