Habis Minum Kopi Mata Langsung Melek? Ternyata karena Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 10:30 WIB
Minum kopi Foto: Getty Images/Dzonsli
Jakarta -

Minum kopi di pagi hari membuat mata langsung melek dan badan terasa berenergi. Rupanya ada alasan ilmiah di balik efek ini.

Minum kopi jadi 'ritual' banyak orang untuk memulai hari. Pasalnya menikmati kopi menghadirkan sensasi yang bisa dirasakan seluruh tubuh. Mulai dari aromanya yang membangkitkan semangat, rasanya yang nikmat, sampai efek mata melek usai meminumnya.

Semua ini ternyata karena kandungan kafein di dalam kopi. Influencive (15/7) menjelaskan butuh waktu setidaknya 45 menit bagi kafein untuk benar-benar terserap ke tubuh, sejak pertama kali Anda minum kopi. Kafein lalu aktif selama 4 sampai 6 jam, tergantung usia Anda, interaksi dengan bahan kimia lain dalam tubuh, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Minum kopiMinum kopi Foto: Getty Images/Dzonsli

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi Untuk Perawatan Kecantikan

Kafein benar-benar bisa menyelinap ke seluruh membran tubuh, dimulai dari mulut. Kemanapun kafein 'pergi' dalam tubuh, kafein akan diserap ke aliran darah melalui semua lapisan yang bersentuhan dengannya.

Nah ketika kafein sudah ada di darah, kafein bisa sampai ke liver untuk dipecah jadi 3 senyawa utama yaitu theophylline, theobromine, dan paraxanthine. Tiga senyawa ini kemudian mempengaruhi otak, jantung, mata, perut, usus, kandung kemih, tulang, otot, dan banyak lainnya dengan cara berbeda.

Berikut di antaranya:

Otak
Kafein membuat otak lebih terjaga dan waspada. Efek ini dirasakan dalam waktu 30 menit setelah Anda minum kopi.

Mata
Kafein bikin mata lebih melek dan segar. Dampaknya bisa bikin Anda melihat lebih jelas dan merasa lebih berenergi.

Perut
Kafein mempercepat sekresi lambung sebanyak 10-15 persen. Ini membuat Anda bisa mencerna makanan dengan lebih cepat.

Usus dan kandung kemih
Kafein menstimulasi baik usus dan kandung kemih Anda. Hal ini berdampak pada proses pencernaan yang lebih cepat hingga Anda langsung merasa mulas.

Minum kopiMinum kopi Foto: Getty Images/Dzonsli


Selain itu peneliti membeberkan manfaat lain minum kopi yang belum banyak orang tahu. Peneliti Johns Hopkins University menemukan kafein dalam kopi meningkatkan memori jangka pendek Anda. Anda akan jadi lebih mudah mengingat hal-hal yang terjadi dalam 24 jam.

Manfaat lain adalah membuat tidur siang berdampak lebih dahsyat. Orang yang minum kopi dan tidur siang 20 menit setelahnya akan merasa jauh lebih berenergi selesai tidur siang.

Baca Juga: Konsumsi Kopi Tanpa Gula, Ini 9 Manfaatnya



Simak Video "Menjajal Kedai Kopi Milik Anak Ahok yang Indonesia Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)