7 Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil

Tim detikcom - detikFood Senin, 26 Okt 2020 07:00 WIB
Attractive pregnant female chilling while drinking fresh coffee from mug and relaxing at home Foto: iStock/7 Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil
Jakarta -

Saat masa kehamilan, minuman cenderung lebih mudah masuk ke mulut ibu ketimbang makanan. Apalagi saat trimester pertama, ibu hamil kerap mengalami mual-mual sehingga susah untuk mengonsumsi makanan padat.

Namun tidak semua jenis minuman aman dikonsumsi ibu hamil. Ibu hamil harus lebih selektif mengonsumsi minuman. Pilihlah minuman yang punya nutrisi atau gizi dan baik untuk kesehatan ibu dan janin.


Berikut minuman yang baik untuk ibu hamil dikutip dari Momjunction:


1. Air

air mineralair mineral Foto: iStock

Biasanya ibu hamil sering buang air kecil. Karena itu ibu hamil membatasi minum. Namun ibu hamil perlu minum air agar tetap sehat.

Saat hamil, kebutuhan akan air meningkat. H2O (air) penting untuk kesehatan sel darah ibu hamil. Anda juga membutuhkan air untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan persalinan prematur pada beberapa ibu hamil.

2. Air Kelapa

Air Kelapa Tua Punya Nutrisi BerlimpahAir Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto

Minuman yang baik untuk ibu hamil selanjutnya air kelapa. Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang bermanfaat untuk mengisi garam alami di dalam tubuh.

Namun minum air kelapa pada ibu hamil harus diperhatikan jangka waktunya. Minumlah pada trimester kedua, saat keadaan ibu stabil. Jangan minum air kelapa pada trimester pertama dan trimester ketiga karena kondisi ibu hamil tidak stabil.

3. Air Lemon

air lemonair lemon Foto: air lemon

Siapa yang tidak suka segelas air lemon dingin? Cara yang bagus untuk tetap terhidrasi, segelas limun juga menyediakan vitamin C.

Jika rasa mual di pagi hari membuat Anda lelah, air lemon adalah pilihan terbaik untuk ibu hamil muda. Namun Anda jangan meminumnya dalam keadaan perut kosong karena bisa menyebabkan maag. Makanlah biskuit atau roti panggang sebelum minum air lemon.

4. Susu dan Minuman Berbahan Dasar Susu

Susu Ibu HamilSusu Ibu Hamil Foto: shutterstock

Segelas susu setiap hari dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar. Ini berlaku tidak hanya selama kehamilan tetapi juga sepanjang hidup Anda. Anda bisa minum susu ibu hamil.

Jika ibu hamil enggan minum susu, Anda dapat mencoba minuman berbahan dasar susu lainnya seperti smoothie atau milkshake yang mengandung buah-buahan dan susu. Anda juga bisa mencoba buttermilk. Semua minuman ini penuh dengan kalsium, protein, dan vitamin B12 yang penting selama kehamilan dan untuk pertumbuhan bayi Anda di dalam perut.

5. Jus Buah

5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing5 Jus Buah yang Bisa Bikin Langsing Foto: iStock

Kita semua tahu bahwa buah-buahan baik untuk kesehatan kita. Tapi apakah jus buah sama baiknya? Nah, jelas buah utuh adalah pilihan yang lebih baik. Tapi jus buah segar juga menjadi alternatif minuman yang baik untuk ibu hamil, seperti jus jeruk.

Jadi, bersihkan alat jus Anda dan mulailah membuat jus. Pilihlah jus buah segar dan bukan yang dikemas. Anda juga bisa menjadi kreatif dan menambahkan semua buah favorit. Namun perlu diingat, jus buah yang dibuat jangan ditambahkan gula karena berdampak tidak baik untuk kesehatan. Jika ditambahkan gula, masukkan sedikit saja.

6. Jus Sayuran

Anda tidak terlalu suka sayuran? Tetapi Anda membutuhkan sayuran saat sedang hamil. Cara terbaik untuk memasukkan sayuran ke dalam makanan Anda adalah jus sayuran.

7. Es Teh

Racikan Es Teh ManisRacikan Es Teh Manis Foto: iStock

Jika udara sangat panas, es teh bisa menjadi pelepas dahaga ibu hamil. Es teh juga merupakan obat yang bagus untuk mengobati mual di pagi hari.

Tapi es teh adalah salah satu minuman kesehatan selama kehamilan yang mengandung kafein. Jadi, batasi konsumsinya.

Selain minuman yang baik untuk ibu hamil, berikut minuman yang tidak boleh untuk ibu hamil:

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang tidak aman selama kehamilan. Kebanyakan wanita tahu bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan sindrom alkohol pada janin.

Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa paparan alkohol yang terbatas di dalam rahim dapat menyebabkan defisit pertumbuhan serta masalah intelektual dan perilaku pada bayi yang belum lahir.

2. Teh Herbal

Anda pikir semua hal herbal aman? Tidak juga! Apalagi tidak diketahui banyak tentang efek dari berbagai ramuan yang ada dalam teh herbal pada kehamilan. Jadi, lebih aman hindari teh herbal selama kehamilan Anda. Daripada Anda menyesal seumur hidup.

3. Minuman Energi

Anda membutuhkan energi ekstra selama kehamilan. Tetapi minuman energi bukanlah pilihan yang baik.

Minuman energi penuh dengan kafein, gula, dan suplemen lainnya. Cukup pilih minuman yang baik untuk ibu hamil dan makanan sehat untuk semua kebutuhan energi Anda!



Simak Video "Bumil yang Makan Full English Breakfast Bisa Bikin Bayi Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)