7 Pola Makan Sehat yang Sebaiknya Dijalani Ibu Hamil

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 15 Sep 2020 09:00 WIB
Pola Makan Ibu Hamil Foto: iStock
Jakarta -

Ibu hamil perlu memperhatikan pola makannya demi kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandung. Berikut 7 pola makan sehat ibu hamil yang sebaiknya dilakukan tiap hari.

Hamil merupakan anugerah besar untuk wanita yang sudah menikah. Karena dengan hadirnya buah hati dapat membuat hidup lebih berwarna. Oleh karenanya banyak pasangan suami-istri yang melakukan beragam cara agar bisa memiliki anak.

Ketika sudah hamil, wanita tentunya harus menjaga pola makannya. Tak boleh lagi sembarangan makan dan banyak pantangan yang harus dihadapi. Pilihan makanan yang baik dikonsumsi tentunya sehat dan bergizi.

Selain itu ibu hamil juga harus mengonsumsi 300 kalori ekstra dari biasanya. Walaupun ibu hamil kerap muntah dan mual di minggu-minggu pertama kehamilan, tapi pola makannya harus tetap bergizi seimbang, seperti dilansir dari Times of India (12/9).

Dalam Pekan Gizi Nasional 2020 di India disebutkan ada 7 pola makan sehat ibu hamil yang baik dilakukan tiap hari.

1. Makan Segala Jenis Makanan

Pola Makan Ibu HamilPola Makan Ibu Hamil Foto: iStock

Jangan melakukan diet apapun selama masa kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan agar tubuh mendapat semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 2-4 porsi buah-buahan, 6-11 porsi biji-bijian dan roti, 4 porsi sayuran, 3 porsi protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan, hingga 4 porsi produk susu. Yang harus dihindari adalah makanan manis dan tinggi lemak.

Baca Juga: Wanita Hamil Boleh Minum Kopi? Ini Penjelasannya

2. Komsumsi Makanan Kaya Serat

Pola Makan Ibu HamilPola Makan Ibu Hamil Foto: iStock

Masalah yang kerap ibu hamil rasakan adalah keram dan adanya gas berlebih di perut. Untuk meredam masalah tersebut, ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan kaya serat.

Serat yang mesti dikonsumsi ini bisa berasal dari biji-bijian, roti gandum, nasi, sayuran, dan buah-buahan. Dilansir dari Cooking Light (15/9), sayuran kaya serat yang bisa jadi pilihan adalah brokoli, bayam, kale. Namun ibu hamil harus hindari sayuran yang mengandung gas seperti kubis, kembang kol, dan lainnya.

Untuk buah-buahan kaya serat yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah pisang, apel, pir, jeruk, hingga stroberi, seperti dilansir dari Mayo Clinic (14/9).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bumil yang Makan Full English Breakfast Bisa Bikin Bayi Cerdas"
[Gambas:Video 20detik]