7 Manfaat Daun Kemangi, untuk Kamu yang Doyan Lalapan

Tim detikcom - detikFood Senin, 26 Okt 2020 11:00 WIB
Kemangi Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario/7 Manfaat Daun Kemangi, untuk Kamu yang Doyan Lalapan
Jakarta -

Daun kemangi kerap ditemukan dalam menu lalapan. Namun sebenarnya tumbuhan ini bisa didapati dalam berbagai resep masakan di Nusantara. Wangi daun kemangi ini memang menambah rasa pada makanan.

Seperti yang dikutip dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) Institut Pertanian Bogor orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa.

Daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur. Di Minahasa, daun dengan aroma yang khas ini disebut bramakusu dan di Ternate, Maluku dikenal dengan nama lufe-lufe

Selain penggunaannya dalam kuliner, ternyata daun kemangi dapat memberikan manfaat kesehatan. Seperti misalnya sebagai obat herbal dan sebagai minyak esensial.

Penggunaan tradisional termasuk pengobatan gigitan ular, pilek, dan peradangan di dalam saluran hidung, misalnya efek dari flu.

Menurut penelitian, kemangi memang mengandung beberapa makronutrien, seperti kalsium dan vitamin K, serta berbagai antioksidan.

Jenis kemangi lainnya adalah tulsi, atau holy kemangi (Ocimum sanctum). Tanaman ini memainkan peran terapeutik dalam pengobatan Tamil dan Ayurveda, yang sebagian besar dipraktikkan di Asia Tenggara.


Berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan:


1. Mengurangi Stres Oksidatif

stresstres Foto: shutterstock

Antioksidan sangat penting untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang berkembang sebagai hasil metabolisme dan proses alami lainnya. Radikal bebas juga bisa terbentuk akibat merokok dan beberapa makanan.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menghilangkan molekul itu dari tubuh. Sebaliknya, jika mereka menumpuk, stres oksidatif dapat terjadi, mengakibatkan kerusakan sel dan mungkin penyakit.

Para ilmuwan telah mengaitkan kanker, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya dengan stres oksidatif.

Tubuh memproduksi beberapa antioksidan, tetapi juga perlu menyerap sebagian dari makanan. Di antara banyak antioksidan dalam kemangi adalah antosianin dan beta karoten.

2. Mendukung Kesehatan Hati

Sebuah studi tahun 2015 pada tikus menyimpulkan bahwa antioksidan dalam sediaan bubuk yang termasuk daun kemangi, berdampak positif pada kesehatan hati. Para ilmuwan menerapkan bubuk tersebut setelah menggunakan racun untuk menyebabkan kerusakan hati.

3. Melawan Kanker

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2013 mengamati apakah daun kemangi dapat mencegah kanker. Para penulis dalam ulasan itu menyimpulkan bahwa fitokimia dalam daun kemangi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Mereka tampaknya melakukan ini dengan meningkatkan aktivitas antioksidan, mengubah ekspresi gen, memicu kematian sel, dan memperlambat pembelahan sel.

3. Melindungi Penuaan Kulit

ilustrasi penuaanilustrasi penuaan Foto: ilustrasi/thinkstock

Daun kemangi memiliki manfaat kesehatan untuk wanita maupun pria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan ekstrak daun kemangi dalam krim kulit topikal dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan. Meskipun ekstrak kemangi pada dosis tertentu mungkin memiliki efek ini, mengonsumsi kemangi belum tentu bermanfaat bagi kulit.

Namun, antioksidan dalam kemangi dan makanan nabati lainnya mungkin memiliki efek perlindungan jika seseorang mengonsumsinya.

4. Menurunkan Gula Darah Tinggi

Beberapa praktisi pengobatan tradisional umumnya merekomendasikan daun kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi dapat membantu mengobati efek gula darah tinggi jangka panjang.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Stres mental bisa memicu produksi radikal bebas di dalam tubuh. Menurut ulasan tahun 2014 yang melihat peran tulsi dalam pengobatan Ayurveda, tanaman tersebut mengandung khasiat yang dapat membantu:

-meredakan stres, kecemasan, dan depresi
-meningkatkan kemampuan berpikir dan bernalar
-mencegah hilangnya memori terkait usia
-memperbaiki masalah tidur dan seks terkait stres

Beberapa penelitian dilaporkan memberikan hasil yang sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan. Namun, untuk mengkonfirmasi temuan ini akan membutuhkan lebih banyak penelitian.

6. Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan

Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan, faktor penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker, diabetes tipe 2, dan artritis reumatoid. Pada 2017, dari hasil penelitian disebutkan minyak kemangi dapat membantu mengobati berbagai penyakit yang melibatkan peradangan akibat stres oksidatif.

7. Memerangi Infeksi

Berbagai praktisi pengobatan tradisional telah menggunakan kemangi sebagai agen antimikroba, dan beberapa penelitian ilmiah mendukung penggunaannya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa olahan tertentu dari minyak kemangi dapat membantu mengobati atau mencegah beberapa jenis infeksi.

Itulah manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui Anda harus menghindari daun kemangi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kemangi holy dapat memengaruhi kesuburan dan merangsang kontraksi rahim.



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)