Pilihan Sarapan Rendah Karbo yang Enak Mengenyangkan

Devi Setya - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 07:00 WIB
Tahu Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita
Jakarta -

Sarapan memang sangat penting, walau sedang diet rendah karbo. Asal kreatif, menu sederhana pun bisa jadi menu sarapan enak.

Tidak masalah sarapan dengan menu sederhana asalkan tubuh mendapat pasokan energi sebelum menjalani aktivitas. Jangan sampai program diet justru membuat kamu jadi lemas dan justru sakit-sakitan.

Salah satu pelaku diet karbo bernama Daffa membagikan menu sarapannya saat diet. Daffa berhasil menurunkan berat badan 20 kilogram dalam waktu 4 bulan.

Dieting or good health concept. Young woman rejecting Junk food or unhealthy food such as donut or dessert and choosing healthy food such as fresh fruit or vegetable.Pilihan Sarapan Rendah Karbo yang Enak Mengenyangkan Foto: iStock

Menurut Daffa yang akrab disapa Daf sarapan termasuk waktu makan yang sangat penting dan wajib. "Sarapan itu penting, penting bangeeet. pokoknya jangan pernah skip sarapan, bahkan disaat dietpun memang disarankan harus sarapan," kata Daf kepada DetikFood (19/10).

Ia membatasi porsi makan namun soal menu sarapan, Daf punya banyak varian yang membuatnya tak bosan. Menu andalannya yakni sayuran berkuah.

"Sarapan saya tidak yang aneh-aneh kok, biasanya cukup makan sesuatu yang berkuah dan lebih dominan ke sayur-sayuran," ujarnya.

Ia juga kerap mengandalkan makanan yang dikukus karena minim lemak dan nutrisi makanan lebih terjaga. Khusus untuk diet karbo ini, asupan makanan tinggi karbo memang harus ditekan seminimal mungkin.

Bukan berarti sama sekali tak boleh makan sumber karbo namun porsinya dibatasi. "Porsinya lauk dibanyakin, nasi cuma dua sendok. Kurang lebih seperti itu, yang penting air putih harus kuat," beber Daf yang kini bobot badannya 60 kilogram setelah sebelumnya 80 kilogram.

Daf mengaku beruntung karena dirinya suka makan sayuran sehingga ia bisa mengasup banyak sayuran sekaligus. Sebagai selingan, ia sesekali juga kerap makan bubur ayam.

"Aku sebenarnya pecinta sayuran juga, tapi sesekali makan bubur ayam juga kok," ujarnya.

Soal jam makan sarapan, Daf tak pernah menentukan jam pasti. Tapi ia selalu makan di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. "Kalo jam khusus sih ngga ada, sebangunnya aku, karena saat itu pasti ada kelas pagi," beber pria yang tinggal di Surabaya ini.

Untuk diketahui, Daf termasuk pria yang sukses menjalani program diet. Ia berhasil menekan bobot badannya dari 80 kilogram menjadi 60 kilogram dalam waktu 4 bulan.

Pola makan yang dijalani juga terkesan simpel, Daf hanya membatasi asupan karbo dengan menyantap 2 sendok makan nasi tiap waktu makan. Sebaliknya, ia justru memperbanyak asupan sayur dan sumber protein.



Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)