9 Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 07:00 WIB
makanan kolesterol Foto: iStock
Jakarta -

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Mengubah makanan apa yang Anda makan bisa menurunkan kolesterol. LDL merupakan singkatan dari low density lipoprotein, atau yang sering disebut juga sebagai lemak jahat.

Menambahkan makanan yang menurunkan LDL, partikel berbahaya pembawa kolesterol yang berkontribusi pada aterosklerosis penyumbatan arteri adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Beberapa makanan sehat memberikan serat larut yang mengikat kolesterol dan prekursornya dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi darah.

Berikut ini beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa dinikmati:

1. Oatmeal

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah oatmeal. Dengan menikmati semangkuk oatmeal dapat memberikan Anda 1 hingga 2 gram serat larut. Agar lebih sehat, Anda juga dapat menambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram serat lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat sehari dengan setidaknya 5 hingga 10 gram dari serat larut.

2. Barley dan biji-bijian

Seperti oatmeal dan barley serta biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang dihasilkannya.

3. Kacang-kacangan

Kacang sangat kaya akan serat larut. Mereka juga membutuhkan waktu untuk dicerna oleh tubuh yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan kacang merupakan makanan yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Almond

Dikutip dalam Health Harvard Edu menjelaskan bahwa sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan sekitar 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL sekitar 5 persen. Kacang almond memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung.

5. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti canola serta bunga matahari sebagai pengganti mentega saat memasak dapat membantu turunkan kadar LDL.

6. Kacang Kedelai

Olahan makanan penurun kolesterol salah satunya adalah yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu dan susu kedelai disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat membantu menurunkan LDL sebesar 5 persen hingga 6 persen.

7. Ikan

Hindari makanan penyebab kolesterol, sebaiknya konsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu yang dapat menurunkan LDL. Omega 3 dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

8. Sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi salah satu yang penting dalam diet jantung. Sayuran juga termasuk ke dalam serat dan mengandung antioksidan tinggi serta rendah kalori. Beberapa jenis sayuran yang mengandung pektin tinggi dapat menjadi makanan penurun kolesterol yang efektif.

Sayuran yang mengandung pektin adalah okra, terong, wortel dan juga kentang.

9. Buah

Buah-buahan yang tinggi akan serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sama seperti sayuran hijau, buah yang dipilih adalah buah yang tinggi pektin seperti apel, anggur, jeruk hingga stroberi.





Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)