Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda

Devi Setya - detikFood Senin, 12 Okt 2020 18:45 WIB
Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut
Jakarta -

Kenyal empuk jamur tiram ternyata bukan hanya bikin ketagihan tapi juga memberi banyak manfaat kesehatan. Rutin makan jamur tiram bisa menurunkan kadar kolesterol dan bikin awet muda.

Jamur tiram termasuk bahan makanan yang mudah ditemui di pasar ataupun supermarket. Harganya juga relatif terjangkau dan mudah diracik jadi berbagai makanan enak.

Cukup tumis jamur tiram dengan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit, kamu bisa menyantapnya jadi makanan enak. Atau buat pepes jamur tiram yang gurih sedap.

Di dalam jamur tiram mengandung nutrisi yang terbilang komplet mulai dari protein, serat, kalsium hingga pottasium. Jamur tiram juga rendah lemak dan ampuh dijadikan santapan untuk menurunkan kolesterol.

Dilansir dari BoldSky (12/10) berikut beberapa khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dengan konsumsi jamur tiram.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Sering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet MudaSering Makan Jamur Tiram Bisa Turunkan Kolesterol dan Bikin Awet Muda Foto: Getty Images/iStockphoto/Kritchanut

Kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh akan jadi masalah besar jika tidak segera ditangani. Konsumsi jamur tiram bisa jadi salah satu solusi.

Di China, jamur tiram bahkan masuk sebagai salah satu obat dalam pengobatan tradisional, termasuk masalah kolesterol. Jamur tiram yang dikonsumsi secara rutin, terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa jamur tiram mengurangi kadar kolesterol hingga 37 persen dan menurunkan trigliserida hingga 45 persen. Studi lain pada tahun 2007 menyebutkan bahwa pasien diabetes yang diberi jamur tiram mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Bikin Rendang Jamur Tiram yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]