11 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi untuk Tulang

Puti Yasmin - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 11:00 WIB
Vitamin D  colorful word on the wooden background Foto: thinkstock/11 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi untuk Tulang
Jakarta -

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin D karena berfungsi untuk membangun kekuatan tulang. Cara memenuhi kebutuhan itu bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi.

Peran vitamin D ternyata tak hanya soal tulang. Peneliti dari University of Chicago Medicine menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko COVID-19. Dilansir dari Healthline, tercukupinya vitamin D diyakini bisa mengurangi tingkat keparahan orang yang terjangkit virus Corona.

Dikutip dari buku 'Gizi Dasar Plus 30 Resep Makanan Lezat Nan Praktis' karya Sri Pramitha Retno Wardhani S.Si, kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat, tungkai bengkok, pembentukan gigi salah hingga muncul benjolan pada perut.

Berikut makanan yang mengandung vitamin D tinggi:

1. Keju

Makanan dengan rasa gurih ini mengandung vitamin D yang cukup tinggi, yakni 24 IU dalam 100 gramnya. Selain itu, keju juga kaya akan kalsium untuk kekuatan tulang.

2. Kuning Telur

Kuning telur merupakan sumber vitamin D yang mudah untuk dikonsumsi. Dalam satu kuning telur, sedikitnya bisa memenuhi 5% kebutuhan vitamin D orang setiap harinya.

3. Tiram

Makanan laut ini diam-diam memiliki kandungan vitamin D mencapai 320 IU per 100 gramnya. Selain vitamin D, tiram juga kaya akan zinc, tembaga, dan juga vitamin B12 lho.

4. Sarden

Jenis ikan ini dapat memenuhi sekitar 45% vitamin D dari kebutuhan manusia. Selain itu, jenis ikan makarel juga memiliki kandungan vitamin D yang tak kalah dari ikan sarden.

5. Salmon

Selain memiliki rasa yang enak, ikan salmon mengandung vitamin D yang cukup tinggi untuk dikonsumsi. Dalam 100 gram ikan salmon yang dikonsumsi bisa memenuhi 65% kebutuhan vitamin D.

6. Brokoli

Sayuran yang mengandung vitamin D adalah brokoli. Makanan ini bisa selain baik untuk tulang juga mengandung magnesium dan juga vitamin K yang baik bagi darah.

7. Minyak Ikan

Makanan yang mengandung vitamin D untuk ibu hamil adalah minyak ikan kod.
Diketahui, terdapat 450 IU per satu sendok makan minyak ikan. Selain itu, kini minyak ikan ini bisa dikonsumsi hanya dari suplemen saja.

8. Kiwi

Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kiwi juga menjadi buah yang mengandung vitamin untuk tulang. Dengan terpenuhi vitamin D yang dibutuhkan kondisi tulang akan jauh lebih kuat dan sehat.

9. Susu

Susu menjadi minuman yang mengandung vitamin D yang bisa memenuhi kebutuhan. Minuman ini mengandung 1 IU per 100 gramnya. Selain itu, ada juga kandungan lain, seperti protein dan juga lemak untuk mendukung pertumbuhan badan.

10. Tahu dan Tempe

Siapa yang tidak suka makanan khas Indonesia ini? Tahu dan tempe selain enak juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Dalam 100 gramnya, terdapat 26 persen vitamin untuk kebutuhan tubuh.

11. Jamur

Jamur biasa tumbuh subur di pohon-pohon. Ternyata, proses pertumbuhan jamur mengandalkan sinar UV matahari yang mengandung vitamin D sehingga kandungannya tak kalah banyak.

Namun, vitamin D yang dihasilkan jamur tergolong dalam D2. Sedangkan vitamin D dari hewan masuk dalam kelompok D3 yang artinya D2 tidak seefektif D3.

Selamat mencoba makanan yang mengandung vitamin D!



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)