8 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Cegah Virus Corona

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 25 Sep 2020 10:30 WIB
makanan mengandung probiotik Meningkatkan sistem imun. Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu cara menghindari tubuh dari infeksi virus corona ialah mempertahankan sistem imun yang baik. Imun tubuh harus ditingkatkan agar tak sakit selain tetap menggunakan masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan.

Sistem imun tubuh dapat ditingkatkan dengan beberapa cara seperti melakukan pola hidup sehat. Selain itu vitamin D dan C juga bermanfaat sebagai antioksidan yang baik. Keduanya dapat membantu tubuh melawan virus corona.

Berikut ini cara memperkuat sistem imun supaya terhindar dari virus corona:

1. Tidur Cukup

Dilansir dalam Healthline, tidur dan kekebalan sangat erat kaitannya. Kualitas tidur yang tidak baik atau buruk dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap penyakit. Dalam sebuah penelitian pada 164 orang dewasa yang sehat, mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam lebih mungkin terkena flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malam.

Istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami. Tidur lebih banyak saat sakit juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Orang dewasa harus tidur selama 7 jam atau lebih setiap malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak 14 jam.

2. Makan Lebih Banyak Makanan Nabati

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur dan biji-bijian. Semua makanan ini mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dengan melawan senyawa tidak stabil yang disebut dengan radikal bebas dan menyebabkan peradangan saat menumpuk di tubuh dalam kadar yang tinggi.

Serat dalam makanan nabati memberi makan mikrobioma usus atau komunitas bakteri sehat di usus. Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh melalui saluran pencernaan. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C juga dapat mengurangi durasi flu biasa.

3. Lemak Sehat

Konsumsi lemak sehat bisa jadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat. Lemak sehat seperti yang terkandung dalam minyak zaitun dan salmon dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan.

Minyak zaitun sangat anti inflamasi, hal ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu, sifat anti peradangannya dapat membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya.

4. Konsumsi Probiotik

Cara meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus corona ialah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Makanan yang mengandung probiotik adalah makanan fermentasi seperti yogurt, sauerkraut, kimchi, kefir hingga natto.

Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel kekebalan tubuh membedakan antara sel normal dan sehat serta organisme penyerang berbahaya. Dalam studi 28 hari pada 152 orang yang terinfeksi rhinovirus mereka akan dilengkapi dengan prbiotik Bifidobacterium animalis yang memiliki respon kekebalan yang lebih kuat dan tingkat virus yang lebih rendah di lendir hidung mereka daripada kelompok kontrol.

5. Konsumsi Suplemen

Menurut National Institutes of Health (NIH), tidak ada bukti yang mendukung penggunaan suplemen apa pun untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa supelemen berikut dapat memperkuat respon kekebalan sistem imun tubuh secara umum seperti vitamin C, vitamin D, hingga zat besi.

6. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot dan membantu diri menghilangkan stres. Berolahraga juga menjadi bagian penting dari kesehatan dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Salah satu cara olahraga yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan adalah dengan meningkatkan sirkulasi secara keseluruan sehingga lebih mudah bagi sel-sel kekebalan dan molekul pelawan infeksi lainnya untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh.

Untuk meningkatkan sistem imun olahragalah minimal 30 menit setiap hari.

7. Terhidrasi dengan Baik

Cara meningkatkan imun tubuh saat pandemi ialah dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Air memainkan peran penting dalam tubuh termasuk sistem kekebalan tbuh. Cairan dalam sistem peredaran darah yang disebut getah bening dapat membawa sel-sel kekebalan yang melawan infeksi ke seluruh tubuh Anda yang sebagian besar terdiri dari air.

Dehidrasi dapat memperlambat pergerakan getah bening yang terkadang menyebabkan gangguan sistem kekebalan. Bahkan jika tidak berolahraga atau berkeringat, Anda akan terus kehilangan air melalui napas, urin dan buang air besar.

8. Kurangi Stres

Cara meningkatkan imun tubuh pada ibu hamil dan beberapa orang lainnya ialah dengan mengurangi stres. Selama periode stres, terutama stres kronis yang terjadi dan berlangsung lama, tubuh Anda merespon dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan kemungkinan meningkatkan infeksi yang terjadi.



Simak Video "Makan di Warung Ini Gratis Bagi yang Terdampak Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)