Cara Mengatasi Insomnia: Ini Makanan Alami untuk Mengatasinya

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 30 Sep 2020 09:00 WIB
cup of herbal tea with chamomile flowers on a wooden table Makanan untuk cegah insomnia. Foto: iStock
Jakarta -

Insomnia merupakan gangguan tidur yang dapat membuat penderitanya sulit untuk tidur dengan pulas. Hal ini dapat menyebabkan Anda terbangun dan tidak dapat tidur kembali.

Menjelang waktu tidur, penderita insomnia akan merasa tertekan. Akibatnya, stres pun datang sehingga hormon kortisol dan adrenokortikotropik dilepaskan ke aliran darah. Kondisi ini memacu detak jantung dan tekanan darah serta memaksa tubuh menjadi hyperarousal atau sebuah keadaan abnormal seperti peningkatan tingkat kewaspadaan dan kecemasan.

Salah satu cara untuk atasi insomnia ialah memperhatikan pola makan. Dilansir dalam sleepfoundation.org, ada makanan tertentu yang dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Pilihan makanan yang tepat memainkan peran utama dalam hal-hal seperti berat badan, kesehatan jantung dan kadar gula darah.

Tidur yang cukup juga mempengaruhi setiap aspek kesehatan. Untungnya, beberapa makanan dan minuman mengandung senyawa yang membantu mengontrol bagian dari siklus tidur yang berarti dapat membantu seseorang tertidur dengan nyaman.

Menurut Medical News Today, kualitas dan durasi tidur dapat mempengaruhi beragam kondisi seperti kegemukan, diabetes, penyakit kardiovaskular, hipertensi.

Sejumlah senyawa kimiawi, asam amino, nutrisi dan hormon dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengatur siklus tidur, ini termasuk triptofan, antioksidan, vitamin D, vitamin B, serotonin dan folat.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk atasi insomnia:

1. Kiwi

Cara mengatasi insomnia secara alami salah satunya adalah dengan konsumsi buah kiwi. Kiwi memiliki banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan E serta kalium dan folat.

Beberapa penelitian menemukan bahwa makan kiwi dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan dua kiwi satu jam sebelum waktu tidur menemukan bahwa mereka tertidur lebih cepat, lebih banyak tidur dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Tidak diketahui pasti mengapa kiwi dapat membantu atasi insomnia, tetapi para peneliti percaya bahwa itu bisa berhubungan dengan sifat antioksidannya, kemampuan untuk mengatasi kekurangan folat dan atasi konsentrasi serotonin yang tinggi.

2. Lemak ikan

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa lemak ikan bisa menjadi makanan yang baik agar kualitas tidur lebih baik. Penelitian yang dilakukan selama beberapa bulan menemukan bahwa orang yang makan salmon tiga kali seminggu memiliki tidur yang lebih baik secara keseluruhan.

Para peneliti percaya bahwa ikan yang mengandung lemak dapat membantu tidur dengan memberikan dosis vitamin D dan asam lemak omega-3 sehat yang terlibat dalam regulasi serotonin tubuh.

3. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan kacang mete sering dianggap sebagai makanan untuk membantu tingkatkan kualitas tidur. Meskipun jumlah pastinya dapat bervariasi, kacang-kacangan mengandung melatonin serta mineral penting seperti magnesium dan zinc yang membantu orang dewasa mendapatkan tidur yang lebih baik.

4. Susu hangat

Susu hangat adalah cara mengatasi insomnia tanpa obat yang umum dilakukan ketika sulit tidur. Susu mengandung empat senyawa penunjang tidur yaitu triptofan, kalsium, vitamin D dan melatonin.

Secangkir susu hangat yang diberikan sebelum waktu tidur dapat memberikan efek yang menenangkan. Susu rendah lemak juga merupakan camilan enak karena bergizi dan rendah kalori.

Setiap cangkir susu rendah lemak mengandung sekitar 7,9 gram protein, 300 mg kalsium dan 101 kalori.

5. Teh chamomile

Cara mengatasi insomnia paling ampuh selain susu hangat adalah teh chamomile. Para peneliti berpikir bahwa senyawa flavonoid yang disebut dengan apigenin bertanggung jawab atas sifat pemicu tidur chamomile.

Apigenin tampaknya mengaktifkan reseptor GABA A, suatu proses yang membantu merangsang tidur. Meskipun penelitian hanya menemukan bukti lemah bahwa chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun secangkir teh hangat dapat menjadi ritual yang menenangkan untuk membantu seseorang mempersiapkan mental untuk tidur.

6. Selada

Selada dan minyak biji selada dapat membantu atasi insomnia dan meningkatkan tidur malam yang nyenyak. Para ahli percaya bahwa sebagian besar efek sedatif selada disebabkan oleh fraksi n-butanol tanaman, khususnya dalam senyawa yang disebut dengan laktusin.

Jadi, mengonsumsi salad yang berisi selada bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

7. Pisang

Buah pisang selain mengenyangkan juga dapat menjadi salah satu cara atasi insomnia dengan makanan. Pisang mengandung triptofan dan merupakan sumber magnesium yang baik. Keduanya dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.

Selain konsumsi makanan tersebut, cara mengatasi insomnia paling ampuh adalah dengan menghindari makanan pedas, menghindari makanan dan minuman mengandung kafein jelang tidur, terhidrasi dengan baik, berolahraga secara teratur dan selesai makan lebih dari 2-3 jam sebelum tidur.



Simak Video "Menjajal Meriahnya Rasa Kue Mipan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)