Ini Sebabnya Kamu Perlu Makan Sebutir Telur Tiap Hari

Odilia WS - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 05:00 WIB
Perlu makan sebutir telur tiap hari. Foto: iStock
Jakarta -

Telur merupakan superfood yang punya nutrisi lengkap dan harganya murah. Karenanya dianjurkan makan telur sebutir sehari.

Sebutir telur mengandung beragam jenis nutrisi. Berbagai jenis vitamin, mineral, protein hingga karbohidrat dan serat. Karenanya hampir semua bangsa memilih telur sebagai menu sarapan.

Selain itu harga telur relatif murah, juga mudah dibuat aneka olahan yang praktis dan enak. Apalagi kini telur sudah diperkaya dengan berbagai nutrisi lewat pakan ayam.

Meskipun demikian, beberapa orang menghindari konsumsi telur terutama kuningnya. Karena kandungan kolesterolnya dianggap bisa memicu penyakit jantung. Sementara bagian putihnya lebih disukai karena dianggap lebih sehat.

Masih ragu sarapan dengan telur? Telur tak bakal bikin gemuk malahan bisa bantu turunkan berat badan. Sementara banyak nutrisi pentingnya yang sangat menyehatkan. Dari mencegah penyakit jantung hingga menyehatkan mata. Dirangkum dari berbagai sumber ini 5 manfaat sehat dari sebutir telur.

1. Bisa membantu menjaga kadar kolesterol

Kadar kolesterol darah jahat (LDL) yang tinggi bisa menyebatkan penyumbatan pembuluh darah arteri yang berisiko serangan stroke. Meskipun telur juga mengandung kolesterol tetapi dalam jumlah kecil.

Setiap butir telur besar mengandung 186 mg kolesterol yang ada pada kuningnya. Sementara konsumsi yang dianjurkan 300 mg per hari. Meskipun dapat menyebabkan sedikit peningkatan sangat kecil pada kadar kolesterol LDL, hal ini mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengubah pola kolesterol LDL dari padat menjadi besar.

Perlu makan sebutir telur tiap hari.Perlu makan sebutir telur tiap hari. Foto: iStock

2. Menyehatkan otak

Telur ayam mengandung choline, nutrisi dasar untuk kesehatan otak. Choline bisa mendorong kemampuan kognitif dan mencegah gangguan syaraf.

Selain itu nutrisi ini juga bisa mendukung kesehatan kardiovaskular dan pembentukan sel membran otak. Hanya dengan mengonsumsi 100 mg choline dari 1 butir telur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]