Sebaiknya Minumlah Kopi Setelah Sarapan, Ini Sebabnya

Odilia WS - detikFood Jumat, 02 Okt 2020 05:00 WIB
Minum Kopi di Pagi Hari Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang bangun tidur langsung minum kopi agar mata segera melek. Padahal yang terbaik sarapan dulu baru ngopi. Ini penjelasannya.

Untuk memulai hari sebagian besar orang mengandalkan secangkir kopi hangat di pagi hari. Bahkan banyak yang harus ngopi dulu sebelum sarapan. Temuan penelitian terbaru ini justru mengungkap efek kebiasaan ini pada kesehatan.

Peneliti dari University of Bath mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum sarapan bisa mengganggu kontrol gula darah.

'Kami tahu bahwa sebagian besar orang bangun pagi, dan sebelum melakukan apapun, minum kopi dulu. Secara intuitif makin terasa capek maka asupan kopi akan lebih banyak atau kuat,' ungkap Prof. James Betts, pemimpin penelitian seperti dilansir mirror.uk (30/9).

minum kopiMinum kopi setelah sarapan. Foto: iStock

Studi ini penting dan memiliki implikasi luas pada kesehatan dan hingga sekarang pengetahuan kita masih terbatas tentang apa yang terjadi dalam tubuh, terutama pada metabolisme dan kontrol gula darah.

Secara sederhana kontrol gula darah terganggu saat tubuh kita pertama kali kontak dengan kopi, setelah beberapa jam puasa karena tidur. Kita bisa menyiasati hal ini dengan sarapan lebih dulu baru minum kopi.

Dalam studi ini peneliti mengamati 29 orang wanita dan pria yang menjalani 3 eksperimen semalam yang berbeda dan acak.

Pada eksperimen pertama partisipan diminta tidur secara normal dan pagi harinya diminta minum minuman manis saat bangun tidur. Yang kedua, partisipan mengalami gangguan saat tidur dan minum minuman manis saat bangun.

Pada eksperimen ketiga, partisipan mengalami gangguan saat tidur dan diberi kopi hitam yang kental 30 menit sebelum minum minuman manis. Dalam tiap tes diambil sampel darah dari partisan setelah minum minuman manis.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa gangguan tidur tidak membuat respon glukosa darah menjadi buruk saat sarapan. Dibandingkan dengan tidur malam normal, tanpa gangguan.

Tips Julie Estelle minum kopiMinum kopi sebelum sarapan. Foto: Getty Images

Namun demikian konsumsi kopi hitam kental sebelum sarapan ditemukan menaikkan gula darah secara substansial sebanyak 50%. Hal ini diduga karena kafein menghambat otot menyerap gula.

Studi di British Journal of Nutriton menyebutkan hal tersebut tidak berkaitan langsung. Tetapi gula darah yang sering naik selama bertahun-tahun dapat memicu diabetes dan penyakit jantung.

'Sebaiknya orang harus mencoba menyeimbangkan manfaat stimulasi kopi berkafein di pagi hari dengan potensi naiknya gula darah lebih tinggi. Sebaiknya minum kopi setelah sarapan,' ungkap Harry Smith pemimpin penelitian.

Sebenarnya ada lebih banyak yang dipelajari tentang efek tidur pada metabolisme. Seperti berapa banyak gangguan tidur yang bisa mengganggu metabolisme tubuh serta efek jangka panjangnya. Juga peran olahraga untuk melawan efek negatifnya. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menguji temuan ini.



Simak Video " Ngopi Syahdu Ditemani Pemandangan Hutan Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)